Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dana Rakernas PDIP Rp 3 Miliar dari Iuran Anggota DPR

Dana sekitar Rp 3 miliar diperkirakan dihabiskan untuk hajatan besar tahunan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Rapat Kerja Nasional (Rake

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Dana Rakernas PDIP Rp 3 Miliar dari Iuran Anggota DPR
Tribunnews.com/ Abdul Qodir
Gladi bersih pembukaan Rapat Kerja Nasional di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (9/1/2016) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Qodir

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dana sekitar Rp 3 miliar diperkirakan dihabiskan untuk hajatan besar tahunan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I 2015-2020 di Hall D Jakarta International Expo (JIExp), Kemayoran, Jakarta pada 10-12 Januari 2016.

Dana tersebut sebagian besar berasal dari kantong para kader PDIP yang menjadi anggota DPR RI atau Fraksi PDIP.

"Ini iuran fraksi, kan ini panitianya fraksi, ini kan acara fraksi, tapi kas DPP ada," kata Bendahara Umum PDIP, Olly Dodokambey kepada Tribun di lokasi, JIExp, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (9/1).

"Pak Jokowi (urunan) saya belum tahu, karena rakernas ini ada panitia khususnya. Tapi, kalau pun dananya kurang, dananya dibantu dari DPP," sambungnya.

Olly mengaku belum mendapatkan laporan dari panitia tentang estimasi biaya untuk penyelenggaraan rakernas ini.

Namun, ia meyakini biaya untuk acara kali ini lebih kurang sama dengan rakernas sebelumnya yakni sekitar Rp 3 miliar.

BERITA TERKAIT

Menurutnya, pengeluaran untuk penyelenggaraan rakernas PDIP ini dapat ditekan karena mendapatkan pengurangan biaya sewa JIExp dari pengusaha Murdaya Widyawimarta Poo selaku pemilik lokasi acara.

Pengusaha Murdaya Poo yang merupakam suami pengusaha Siti Hartati Murdaya.
Sebelumnya, Murdaya Poo pernah menjadi anggota DPR dan salah satu Ketua DPP PDI Perjuangan.

"Sebelum-sebelumnya paling Rp 2 sampai Rp 3 miliar. Kan sewanya dapat diskon banyak, kan punya Pak Poo," beber Olly.

Sementara itu, Wakil Sekjen PDI Perjuangan Ahmad Basarah selaku Sekretaris Panitia Pengarah (Steering Commitee) mengatakan, rakernas yang digelar di JIExp Kemayoran ini merupakan Rakernas I DPP PDIP periode 2015-2020.

Menurutnya, rakernas ini sangat penting dilihat dari aspek momentum karena diselenggarakan untuk kali pertama setelah PDIP menjadi partai pemenang Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2014.

"Rakernas ini juga merupakan forum strategis dan alat partai dalam menyatukan ide, konsep dan pemikiran ke sebuah rumusan kebijakan dan program kerja yang bersumber AD/ART, sikap politik dan program perjuangan partai," jelasnya.

Rakernas yang digelar selama tiga hari ini akan dihadiri 2013 kader partai dari seluruh Indonesia, terdiri dari unsur DPD, DPC (ketua, sekretaris dan bendahara), gubernur, walikota, bupati, pimpinan DPRD provinsi dan kabupaten/kota, Fraksi PDIP DPR RI, departemen, badan-badan partai dan sayap partai.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas