Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ormas Islam Harus Ambil Peran Sembuhkan Kelompok LBGT

"Bagusnya (mereka) disantuni, ormas Islam harus dekati mereka,"

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Ormas Islam Harus Ambil Peran Sembuhkan Kelompok LBGT
Tribun Jabar/Teuku Muh Guci S
Sejumlah mahasiswa berunjuk rasa di depan Bandung Indah Plaza, Jalan Merdeka, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/2/2016). Para mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Bandung Raya itu menolak keras keberadaan LGBT. TRIBUN JABAR/TEUKU MUH GUCI S 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA --- Orang-orang dengan orientasi seksual menyimpang seperti kelompok Lesbian Gay Biseksual Transgender (LGBT), adalah komunitas pelanggar HAM. Namun itu bukan berarti mereka kelompok yang harus dibenci menurut Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin.

Walaupun orientas seksual mereka dianggap sebagai penyimpangan oleh agama-agama yang diakui di Indonesia, Din menilai, umat Islam tetap harus memperlakukan mereka dengan manusiawi.

"Bagusnya (mereka) disantuni, ormas Islam harus dekati mereka," ujar Din Syamsuddin, kepada wartawan di kantor MUI, Jakarta Pusat, Rabu (24/2/2016).




Ormas Islam, menurutnya, harus turun tangan dalam mengembalikan mereka ke jalan yang benar. Din Syamsuddin mengaku yakin mereka bisa disembuhkan, dan sudah banyak kasus semacam itu disembuhkan.

Tak hanya ormas Islam, negara pun tidak boleh diam saja menyaksikan warganya terjerumus. Negara sembari melindungi hak kelompok LBGT, juga harus mengeluarkan kebijakan soal penyembuhan.

"Karena ini berpotensi mengganggu tatanan sosial," jelasnya.

Sementara itu kelompok LGBT yang sejauh ini hak-haknya sebagai warga negara sudah cukup dilindungi, Din Syanauddin mengimbau mereka tidak menggelar aksi terbuka, dan menuntut pengakuan dari negara.

BERITA TERKAIT

--

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas