Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kilang Berhenti Operasi, 650 Pekerja di Bojonegoro Terancam Menganggur

PT Tri Wahana Universal (TWU) yang tidak berproduksi sejak Januari lalu telah memberikan dampak yang serius terhadap Pemda dan masyarakat Bojonegoro

Kilang Berhenti Operasi, 650  Pekerja di Bojonegoro Terancam Menganggur
energytoday
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Bojonegoro, Adi Wicaksono mengatakan, kondisi PT Tri Wahana Universal (TWU) yang tidak berproduksi sejak Januari lalu telah memberikan dampak yang serius terhadap Pemda dan masyarakat Bojonegoro, Jawa Timur.

Hal ini lantaran kondisi kilang minyak mini milik TWU yang telah tidak berproduksi selama dua bulan terakhir.

"Kurang lebih terdapat 650 tenaga kerja yang terancam menjadi pengangguran permanen apabila TWU tidak berproduksi lagi," kata Adi saat dihubungi, Rabu (16/3/2016).

Kilang mini TWU tidak mendapatkan pasokan minyak mentah sejak 16 Januari sehingga akhirnya berhenti produksi pada 20 Januari. Hal ini disebabkan karena TWU masih menunggu kepastian formula harga sumur dan pasokan minyak mentah untuk kilang mini TWU yang dibangun dekat mulut sumur lapangan Banyu Urip.

Ironisnya, kata Adi, situasi ini dialami TWU meskipun keberadaan kilang mini tersebut telah terbukti mampu menciptakan efek yang signifikan untuk pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja bagi masyarakat Bojonegoro dan Jawa Timur.

Adi mencatat tenaga kerja di kilang PT TWU sebanyak 200 orang, yang sebagian besar merupakan warga Bojonegoro. Sementara di luar TWU terdapat lebih dari 400 tenaga kerja tidak langsung yang tergabung dalam perusahaan transporter.

Angka tersebut belum termasuk tenaga kerja pada perusahaan supplier dan kontraktor yang memberikan jasa untuk operasional TWU. Selain itu, terdapat tenaga kerja informal yang tumbuh dengan adanya keberadaan kilang TWU, seperti usaha warung dan toko di sekitar daerah kilang.

Mengutip Kajian LPPM UGM, ada sekitar 5.300 tenaga kerja yg tercipta di tingkat kabupaten Bojonegoro dari keberadaan TWU. Menurutnya, jika kilang TWU tidak kembali berproduksi, mereka akan menjadi pengangguran.

"Sejak terhentinya produksi TWU, tampak perubahan mencolok. Kelihatan sekali dampaknya kalau masuk ke wilayah sini, tadinya banyak tangki minyak berseliweran, sekarang suasananya sepi," katanya.

Ikuti kami di
Penulis: Wahyu Aji
Editor: Gusti Sawabi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas