Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dimana Sebenarnya Laporan TPF Almarhum Munir?

hasil investigasi Tim Pencari Fakta (TPF) kasus pembunuhan Munir ternyata pernah diserahkan ke Presiden SBY

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Rachmat Hidayat
zoom-in Dimana Sebenarnya Laporan TPF Almarhum Munir?
SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO
Sejumlah aktivis berdoa dan menabur bunga pada makam aktivis HAM, Munir Said Thalib di Tempat Pemakaman Umum Kelurahan Sisir, Kota Batu, Rabu (7/9/2016) lalu. Aktivis berharap dalang di balik kematian Munir yang meninggal diracun dalam pesawat Garuda saat akan ke Amsterdam Belanda bisa terungkap. SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Mantan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Yusril Ihza Mahendra beberapa waktu lalu mengatakan, laporan hasil tim pencari fakta kasus pembunuhan aktivis HAM Munir Said Thalib diserahkan langsung ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2005.

Namun, hingga kini laporan yang dimaksud entah dimana. Kesan saling tuding kemudian muncul.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan mengaku heran mengenai kesulitan pemerintah menemukan dokumen asli Tim Pencari Fakta (TPF) kasus pembunuhan aktivis HAM Munir Said Thalib.

Ia kemudian mempertanyakan pihak-pihak yang mengaku tidak puas dengan tindak lanjut pengungkapan kasus itu pada era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Kalau memang belum puas, silakan bikin TPF baru. Kalau masih ngotot cari aslinya, kalau tak ada di Istana ya minta saja mantan-mantan anggota tim TPF," kata Syarief Hasan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/10) kemarin.

Ia juga turut mengomentari rencana Jaksa Agung HM Prasetyo menghadap SBY. Syarief menyarankan agar Prasetyo juga menanyakan kepada Presiden Kelima Megawati Soekarnoputri.

"Karena itu kan kejadiannya di era Megawati. Bukan era Pak SBY. Pak SBY yang punya inisiatif buat TPF," kata dia.

BERITA TERKAIT

Ia menegaskan, jika memang dokumen itu hilang, maka itu karena ketidaksengajaan. "Masa disengaja sih, tidak mungkin lah. Sama dengan cari dokumen 11 Maret (Supersemar) sampai sekarang belum ketemu. Gitu kan," tutur Syarief.

Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono bereaksi setelah namanya disebut sejumlah media terkait keberadaan dokumen TPF.

SBY mengatakan, sejak ramainya pemberitaan media dan perbincangan publik tersebut, dia bersama mantan pejabat di Kabinet Indonesia Bersatu mulai menyiapkan penjelasan terkait dokumen TPF Munir.

"Kami buka kembali semua dokumen, catatan, dan ingatan kami apa yang dilakukan pemerintah dalam penegakan hukum kasus Munir," tulis SBY.

SBY berusaha menyegarkan ingatan netizen mengenai mendiang Munir yang meninggal ketika menuju Amsterdam, Belanda, saat menumpang pesawat Garuda Indonesia pada 7 September 2004.

"Ketika aktivis HAM Munir meninggal, saya masih berstatus sebagai capres. Tiga minggu setelah jadi Presiden, Ibu Suciwati (istri almarhum) temui saya," kata SBY.

"Kurang dari seminggu setelah pertemuan itu (TPF Munir belum dibentuk) kita berangkatkan Tim Penyidik Polri ke Belanda," tambahnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas