Tribun

Ketua Umum KNPI: Kami Siap Jadi Garda Terdepan Menjaga Kebhinekaan

Bangsa Indonesia adalah bangsa majemuk yang terdiri dari ribuan pulau, suku, bahasa, adat istiadat, dan golongan.

Penulis: Hasanudin Aco
zoom-in Ketua Umum KNPI: Kami Siap Jadi Garda Terdepan Menjaga Kebhinekaan
Ist/Tribunnews.com
Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Fahd El Fouz A Rafiq. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  – Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Fahd El Fouz A Rafiq mengajak seluruh elemen kebangsaan baik yang ada di organisasi kemasyarakatan dan organisasi kepemudaan untuk bergerak bersama dalam membangun dan merawat persatuan bangsa Indonesia.

KNPI siap menjadi garda terdepan untuk menjaga kebhinekaan.

“Kebhinekaan adalah sebuah realita yang yang tidak dapat dihindari keberadaannya. Keanekaragaman dalam hal apapun yang sudah sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka dan sebagai alat pemersatu dalam mewujudkan cita-cita proklamasi 1945 berdasarkan pancasila dan UUD 45,” kata Fahd Rafiq dalam keterangannya kepada wartawan di Jakarta, Jumat (20/1/2017).

Fahd Rafiq yang juga Ketua Umum DPP Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) menambahkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa majemuk yang terdiri dari ribuan pulau, suku, bahasa, adat istiadat, dan golongan.

Kemajemukan tersebut, kata dia, adalah sesuatu yang terberikan, yang mau tidak mau harus diterima sebagai anugerah dari Tuhan yang Maha Esa.

"Kita patut bersyukur karena dengan kemajemukan tersebut memberikan warna tersendiri. Kemajemukan tersebut menjadi kekayaan yang telah berkontribusi bagi pembangunan bangsa dan negara. Para founding fathers menyadari betul eksistensi bangsa Indonesia tersebut sehingga merajut bangsa ini dalam kebhinekaan dengan semboyan yang tak pernah usang Bhineka Tunggal Ika," ujarnya.

Dalam sejarahnya, menurut Fahd Rafiq, kebhinekaan Indonesia sering kali diuji. Menurut Fahd, jika perbedaan tidak diolah dengan baik akan bisa menimbulkan perpecahan. Namun, perbedaan tersebut kadang sering dipolitisasi dan dikapitalisasi oleh kelompok tertentu demi kepentingan tertentu.

“KNPI mengajak seluruh elemen bangsa di ormas maupun yang ada di organisasi kepemudaan (OKP) untk kembali bersama menjaga nilai-nilai kebhinekaan. Dalam hal ini KNPI yang saya pimpin mendukung dan ikut berpartisipasi dalam gerakan menjaga kebhinekaan demi keutuhan NKRI,” tegasnya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas