Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menelisik Jejak Spionase di Restaurant Pyongyang, Jakarta Utara

Restaurant itu disebut-sebut sebagai salah satu lokasi yang dijadikan tempat Dinas Intelijen Korea Utara melakukan pertemuan.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Menelisik Jejak Spionase di Restaurant Pyongyang, Jakarta Utara
istimewa
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kesan tertutup dan misterius menjadi potret dari Restaurant Pyongyang, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Restaurant itu disebut-sebut sebagai salah satu lokasi yang dijadikan tempat Dinas Intelijen Korea Utara melakukan pertemuan.

Seperti dilaporkan portal berita di Singapura, Asiaone, Intelijen Korea Utara, Reconnaissance General Bureau (RGB), telah beroperasi di Malaysia, Singapura, dan Indonesia, selama dua dekade terakhir.

RGB berada di bawah kewenangan Departemen Keamanan Negara Korut yang memberi laporan ke Kim Jong Un.

Para agen intelijen itu merangkap sebagai insinyur dan konsultan teknis di industri konstruksi untuk berbaur dengan masyarakat di Malaysia dan Singapura. Selain itu, ada juga yang mengoperasikan restoran Korea.  

“Mereka menggunakan retaurant sebagai front utama untuk mengumpulkan intelijen dan pengawasan, menargetkan politisi Jepang dan Korea Selatan, diplomat, tokoh korporat tinggi, dan pengusaha yang berbasis di negara-negara ini,” tulis media Singapura, Asiaone, Jumat (17/2/2017), mengutip seorang sumber.

BERITA TERKAIT

Untuk di Indonesia, RGB juga disebut beroperasi di pabrik tekstil di kota-kota besar, termasuk Jakarta.

“Salah satunya, terletak di atas sebuah restaurant Korea Utara di Jakarta, itu adalah bagian dari kantor RGB Indonesia,” tutur sumber itu.

Berdasarkan penelusuran, Restaurant Pyongyang berada di Jalan Boulevard Barat Raya, RT/RW 013/007, Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading.

Plang nama restoran itu terpajang di Billboard di spanduk besar berwarna latar merah yang berada di bagian depan restoran.

Aroma dupa tercium saat masuk ke restoran itu. Bangunan restoran berlantai tiga itu sejajar dengan bangunan ruko dan perkantoran lainnya. Hanya berjarak satu ruko di sebelah kanan tempat itu berdiri Restaurant Korea Selatan, Bornga.

Di lantai satu lorong utama restoran bernuansa merah muda itu terdapat empat meja bundar. Lukisan bertema Korea Utara terpajang di berbagai sudutnya.

Di dekat meja bagian paling ujung terdapat tangga naik ke lantai atas. Lalu ada dua pintu di sisi kanan ruangan, dua pintu itu bertuliskan angka 8 dan 9.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas