Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pedangdut Saipul Jamil Jalani Sidang Perdana Kasus Gratifikasi untuk Panitera PN Jakarta Utara

Saipul melalui kakaknya, Samsul Hidayatullah, dan kuasa hukumnya, Berthanatalia dan Kasman Sangaji, diduga memberi hadiah kepada Rohadi.

Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Pedangdut Saipul Jamil Jalani Sidang Perdana Kasus Gratifikasi untuk Panitera PN Jakarta Utara
TRIBUNNEWS.COM/THERESIA FELISIANI
Saipul Jamil keluar dari lobi Gedung KPK, Jumat (7/4/2017). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pedangdut Saipul Jamil menjalani sidang perdana terkait ‎suap pada bekas Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rohadi. Pada sidang kali ini, Saipul akan menjalani pembacaan dakwaan terhadap dirinya.

Terkait persidangan perdana tersebut, pria yang akrab disapa Ipul tersebut menyakan kesiapannya mendengarkan dakwaan dari Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi.

"Insyaallah siap," kata Ipul di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Saipul melalui kakaknya, Samsul Hidayatullah, dan kuasa hukumnya, Berthanatalia dan Kasman Sangaji, diduga memberi hadiah kepada Rohadi yang merupakan panitera PN Jakut.

Pemberian uang tersebut untuk memengaruhi putusan hakim terkait perkara tindak pidana asusila yang dilakukan Saipul. Kasus tersebut disidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Saipul disangka melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a atau huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Kasus tersebut bermula dari Operasi Tangkap Tangan Rohadi. Rohadi tersangkap tangan menerima Rp 250 juta dari Berthanatalia Ruruk Kariman dan Kasman Sangaji.

BERITA TERKAIT

Hadiah tersebut agar Saipul Jamil tidak divonis berat pada kasus kasus percabulan di bawah umur dan hubungan sejenis. Kini Rohadi menjadi terdakwa pada kasus tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas