Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dorong Pengelolaan Hutan Secara Bertanggung Jawab Melalui #Peduli Hutan Berawal Dari Rumah

Perlu di ingat pula pola konsumsi yang aman bagi keberlanjutan hutan, produk-produk yang aman bagi lingkungan

Penulis: Eko Sutriyanto
zoom-in Dorong Pengelolaan Hutan Secara Bertanggung Jawab Melalui #Peduli Hutan Berawal Dari Rumah
sidenrengrappangkab.go.id
Ilustrasi hutan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gaya hidup dan pertumbuhan produk yang berkembang di dunia khususnya di Indonesia yang menggunakan hasil hutan sebagai dasar bahan baku menjadi salah satu pemicu kerusakan hutan dan menjadi ancaman keberlanjutan hutan.

Forest Stewardship Council (FSC), organisasi internasional non profit yang mendorong pengelolaan hutan yang bertanggung jawab dan baik, memandang perlu adanya program gerakan konsumsi yang bertanggung jawab agar konsumen menyadari pentingnya memilih produk yang aman dikonsumsi bagi lingkungan.

Melalui program #Peduli Hutan Berawal Dari Rumah, mereka mengedukasi konsumen mengenai pentingnya konsumen turut menjaga keberlanjutan hutan.

"Juga pola konsumsi yang aman bagi keberlanjutan hutan, produk-produk yang aman bagi lingkungan dan mengedukasi agar para produsen yang telah bersertifikat FSC dalam mengekstraksi dan memanfaatkan sumberdaya hutan secara bertangggung jawab dan ramah lingkungan," kata Hartono Prabowo, FSC Perwakilan Indonesia di Jakarta, Rabu (10/5/2017).

Hutan mempunyai fungsi yang penting bagi kehidupan manusia, selain sebagai paru-paru dunia yang menyumbang pada keseimbangan iklim, hutan juga berfungsi sebagai penyedia sandang, pangan, dan papan manusia.

Di sisi lain hutan juga merupakan tempat hidup satwa dan tumbuh-tumbuhan. 

Satwa dan tumbuh-tumbuah sangat penting bagi keseimbangan lingkungan dan keberlanjutan kehidupan di bumi pada akhirnya.

BERITA TERKAIT

Saat ini hutan dunia sedang mengalami ancaman keberlanjutan melalui penebangan hutan secara tidak bertanggung jawab, kebakaran hutan, alih fungsi lahan hutan menjadi lahan tidak berhutan seperti pertambangan dan perkebunan, dan masih banyak lagi.

Untuk itu FSC Indonesia dengan para mitra yang salah satunya adalah Tetra Pak Indonesia, berkerjasama melakukan serangkaian kegiatan edukasi ke sekolah-sekolah yaitu FSC Goes to School.

Sekolah berperan penting dalam tumbuh kembangnya anak, dan memperoleh berbagai macam pengetahuan yang terbaik bagi anak agar kelak dapat bermanfaa, termasuk pendidikan dan pengetahuan mengenai kesadaran akan pentingnya hutan dan lingkungan dalam kehidupan manusia. 

Program ini dikampanyekan oleh FSC Indonesia bersama Tetra Pak Indonesia melalui rangkaian roadshow di 5 sekolah tingkat taman kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Dasar (SD) di wilayah Jabodetabek.

“Bagi Tetra Pak, pendekatan yang menekankan pola keberlanjutan sangatlah penting untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup kita bersama," kata Reza Andreanto, Tetra Pak Indonesia Environment Manager Tetra Pak Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas