Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cegah Tahanan Kabur, Rutan Cipinang Libatkan Polisi di Acara Besuk Keluarga Tahanan

Kepala Rutan Cipinang Asep Sutandar mengatakan pihaknya memang memberikan perhatian khusus terkait keamanan.

Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Cegah Tahanan Kabur, Rutan Cipinang Libatkan Polisi di Acara Besuk Keluarga Tahanan
TRIBUNNEWS.COM/WAHU AJI
Foto suasana Sholat Idul Adha di Rutan Cipinang, Selasa (15/10/2013) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Rumah Tahanan Kelas I Cipinang Jakarta Timur bekerja sama dengan aparat keaamanan dari Polres Metro Jakarta Timur dan Polsek Jatinegara untuk memperkuat keamanan. Pihak Rutan tidak ingin kecolongan jika waktu besuk saat Hari Raya Idul Fitri dimanfaatkan tahanan untuk melarikan diri.

Kepala Rutan Cipinang Asep Sutandar mengatakan pihaknya memang memberikan perhatian khusus terkait keamanan. Bahkan, Asep mengatakan pihaknya juga menambah kamera pengintai (CCTV) untuk memantau titik rawan dan mengawasi para keluarga dan tahanan.

"Jelas kami berkoordinasi dengan pihak keamanan baik dari Polres dan Polsek Jatinegara, terkait dengan persiapan keamanan dan kami menambah titik titik CCTV untuk pengawasan pengamanan, kami siapkan dari awal," kata Asep saat ditemui di kantornya, Jakarta, Minggu (25/6/2017).

Menurut Asep, sehari-hari Rutan CIpinang hanya dijaga oleh kekuatan 25 personel untuk sekali tugas atau shift. Namun. demi untuk memberikan keamanan dan kenyamanan dan memaksimalka besuk, Asep telah memerintahkan anak buahnya untuk tidak libur.

"Kalau hari-hari biasa petugas keamana kita hanya 25 orang satu regu. Tapi untuk hari raya ini kita maksimalkan semua petugas tidak ada yang libur. Semua dikonsentrasikan untuk petugas keamanan ditambah dari Polres dan Polsek," kata dia.

Jumlah tahanan kini yang mendekam di Rutan Cipinang berjumlah 3.817. Jumlah tersebut sangat melebihi kapasitas karena daya tampung Rutan tersebut adalah 1.136 orang.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas