Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Insiden Bendera Terbalik, Menlu Malaysia: Kami Minta Maaf

Menteri luar negeri Malaysia telah meminta maaf kepada pemerintah Indonesia, atas insiden terbaliknya bendera Indonesia

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Sanusi
zoom-in Insiden Bendera Terbalik, Menlu Malaysia: Kami Minta Maaf
KEMENPORA
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Imam Nahrawi (kanan) bertemu langsung dengan Menpora Malaysia Khairy Jamaluddin di Hotel Shangrilla, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (20/8/2017).(KEMENPORA) 

TRIBUNNEWS.COM, KUALA LUMPUR - Menteri luar negeri Malaysia telah meminta maaf kepada pemerintah Indonesia, atas insiden terbaliknya bendera Indonesia yang tercetak di buku cenderamata pada pembukaan SEA Games 2017.

"Kami, Pemerintah Malaysia, ingin menyampaikan permintaan maaf kami kepada pemerintah dan Rakyat Indonesia," kata Menteri luar negeri Malaysia Anifah Aman dalam sebuah pernyataan pada Minggu (20/8/2017)

Kesalahan itu terlihat dalam upacara pembukaan SEA Games di Kuala Lumpur pada Sabtu (19/8/2017), memicu protes di Indonesia.




Baca: Selain di Buku Panduan SEA Games, Bendera Indonesia Terbalik Juga Ada di Koran Malaysia

Hashtag #ShameonyouMalaysia langsung menjadi trending topik media sosial.

Menteri pemuda dan olahraga Malaysia Khairy Jamaluddin, yang telah meminta maaf dalam Twitter, juga telah bertemu langsung dengan rekannya Menpora RI Imam Nahrawi, pada hari minggu untuk secara pribadi mengungkapkan penyesalan atas kesalahan tersebut.

Berbicara dalam konferensi pers bersama setelah pertemuan, Khairy mengatakan ia menyerahkan permintaan maaf yang tertulis serta telah memberhentikan distribusi buku kecil tersebut.

BERITA TERKAIT

Dia menambahkan bahwa versi revisi buku cendera mata dengan bendera Indonesia yang benar akan dikeluarkan.

Menpora Indonesia Imam Nahrawi mengatakan dia akan menyampaikan permintaan maaf dari Khairy kepada Presiden Joko Widodo.

Dia juga berterima kasih kepada Malaysia untuk mengambil tindakan cepat dan berkata ia tidak mau kejadian tersebut akan meredam semangatnya para atlet.

"Ini tidak mengubah hubungan dan persahabatan antara Indonesia dan Malaysia dengan cara apapun," katanya.(Channel News Asia)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas