Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anggota DPR: Pengurus Parpol di DOB Akan Diverifikasi Sebagai Syarat Peserta Pemilu 2019

"Saya harap KPU Kaltara segera menyosialisasikan aturan ini kepada semua parpol. Pengurus parpol pun harus siap-siap diverifikasi,"

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Anggota DPR: Pengurus Parpol di DOB Akan Diverifikasi Sebagai Syarat Peserta Pemilu 2019
TRIBUN BALI/RIZAL FANANY
Ilustrasi - 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Anggota Komisi II DPR RI, Hetifah Sjaifudian‎ mengatakan, kepengurusan partai politik di Daerah Otonomi Baru (DOB) akan diverifikasi sebagai syarat peserta Pemilu 2019

Hal itu menurutnya menjadi kesepakatan antara DPR dan KPU.

"KPU dan Komisi II DPR RI sepakat membuat Peraturan KPU (PKPU) tentang verifikasi parpol peserta Pemilu 2019, khususnya di daerah otonomi baru atau DOB," kata Hetifah di Gedung DPR, Jakarta, Senin (28/8/2017).‎‎

Politikus partai Golkar itu menuturkan, dengan pengaturan tersebut, KPU dan Bawaslu Provinsi Kaltara dapat segera melakukan persiapan untuk keperluan verifikasi faktual parpol tersebut.

"Saya harap KPU Kaltara segera menyosialisasikan aturan ini kepada semua parpol. Pengurus parpol pun harus siap-siap diverifikasi," ujarnya.

Menurut Hetifah, ketentuan pasal yang mengatur verifikasi memang menjadi fokus pembahasan di Komisi II DPR. Terlebih ada beberapa pihak yang mengajukan uji materi pasal 173 Undang-undang No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

BERITA TERKAIT

Selain soal verifikasi, pembahasan lain adalah syarat parpol yang harus menyertakan paling sedikit 30 persen keterwakilan perempuan pada kepengurusan parpol di semua tingkatan pada PKPU.

Langkah KPU tersebut diapresiasi Hetifah sebagai upaya mendorong keterwakilan perempuan dalam politik. Meski demikian, draf PKPU ditolak oleh forum rapat.

"Ini memang tidak diatur di UU Pemilu. Yang diatur di UU hanya mengharuskan paling sedikit menyertakan 30 persen keterwakilan perempuan di tingkat pusat. Sebetulnya PKPU berupaya mendorong keterwakilan perempuan di semua tingkatan," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas