Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dapatkan Gelar Doktor, Megawati Sukarnoputri Bicara Petuah Dalam Bahasa Sansekerta

Presiden RI ke lima, Megawati Soekarnoputri mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Negeri Padang (UNP) di bidang politik pendidikan.

Penulis: Lendy Ramadhan
Editor: Samuel Febrianto

TRIBUNNEWS.COM, PADANG - Presiden RI ke lima, Megawati Soekarnoputri mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Negeri Padang (UNP) di bidang politik pendidikan.

Gelar tersebut diberikan secara simbolik di Auditorium UNP, Jalan Prof Dr Hamka, kota Padang, Sumatera Barat, Rabu (27/9/2017).

Baca: Lima Hari Menghilang, Jasad Putu Sudarma Ditemukan Mengambang di Danau

Dalam sambutannya, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu menegaskan, bahwa politik haruslah berjiwa kemanusiaan, berpolitik haruslah bertujuan untuk mengabdi kepada masyarakat, bukan untuk diri sendiri.

"Ada kata-kata Sansekerta Tatuam Asih yang artinya aku adalah engkau, engkau adalah aku. Kata-kata tersebut mengandung pengertian filosofis bagaimana seharusnya kita memiliki empati dan menghayati perasaan orang lain," kata Megawati Soekarnoputri.

Baca: Romi Herton Meninggal Dunia, Ini Rekam Jejak Raja SPBU Hingga Tersandung Kasus Suap

"Dalam politik, saya menyebutnya politik yang berwajah dan berjiwa kemanusaiaan, yaitu politik humanis," tambah Megawati Soekarnoputri.

BERITA TERKAIT

Termasuk dalam politik pendidikan. Menurutnya politik pendidikan harus menciptakan sistem pendidikan yang setara, seperti yang dilakukannya ketika masih menjabat sebagai Presiden RI.

Sebagaimana diketahui, Presiden RI ke lima tersebut mengeluarkan kebijakan sistem pendidikan nasional (sisdiknas), yaitu Undang Undang 20 tahun 2003, yang membuat lembaga pendidikan swasta dan negeri menjadi setara.

Atas kebijaksanaan tersebut, UNP memberikan gelar Doktor Honoris Causa dalam bidang politik pendidikan.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas