Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Luhut Jawab Tudingan Fahri Hamzah Atas Mewahnya Pernikahan Puteri Semata Wayang Jokowi

"Tidak juga lah. Banyak orang juga begitu. Masak mau nikah saja musti diomongin,"

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Luhut Jawab Tudingan Fahri Hamzah Atas Mewahnya Pernikahan Puteri Semata Wayang Jokowi
Kompas TV
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Luhut Binsar Pandjaitan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Luhut Binsar Pandjaitan angkat suara atas pernyataan Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah terkait pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu-Muhammad Bobby Afif Nasution.

Menurut Fahri, seharusnya pernikahan putri semata wayang Presiden Jokowi dirayakan secara sederhana dengan pesta kecil saja.

"Tidak juga lah. Banyak orang juga begitu. Masak mau nikah saja musti diomongin," ujar Luhut seperti dikutip dari Kompas Petang, Selasa (7/11/2017).

Baca: Fahri Hamzah: Katanya Revolusi Mental, Bikin Pesta Kecil-kecilan Saja

Ia pun menanggapi pernyataan Fahri yang menyarankan agar pesta pernikahan Kahiyang-Bobby diumumkan melalui Twitter atau Vlog.

"Dia yang ngomong suruh lihat sendiri lah. Ntar saya pengin lihat kalau dia (Fahri Hamzah) nikahin putrinya gimana," ucap Luhut.

BERITA TERKAIT

Diberitakan sebelumnya, Fahri kembali mengungkap peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi saat dijabat Yuddy Chrisnandi, bahwa pejabat di tingkat pusat dan daerah dilarang menggelar pesta berlebihan.

Baca: Beredar SPDP Bodong, Setya Novanto Belum Pasti Hadiri Pernikahan Kahiyang-Bobby

Aturan yang tertuang dalam Surat Edaran Nomor 13/2014 tentang Gerakan Hidup Sederhana itu berlaku mulai 1 Januari 2015.

"Cuma kan dulu katanya nggak boleh ngundang pejabat lebih dari 400. Ada katanya dulu revolusi mental, bikin pesta kecil-kecilan saja. Kalau sekarang itu kayak lebih gitu loh," kata Fahri kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (7/11/2017).

Dirinya menjelaskan, lebih baik acara pernikahan putri Jokowi digelar sederhana.

Baca: Bayern Munchen Buka Masjid Baru Usulan Franck Ribery di Stadion Allianz

"Saya mohon maaf ya, saya bukan tidak menghormati adat dan budaya, tapi menurut saya mbok ya sederhana saja lah," katanya.

Fahri bahkan memberikan saran supaya rangkaian acara pernikahan Kahiyang dengan Bobby diunggah lewat seluruh media sosial.

"Sederhana lah, bikin pesta kecil di rumah, teman teman. Sekarang kan ada Twitter, ada vlog, pakai itu aja lah. Anak gua lagi kawin nih. Itu asik aja. Make it fun, gitu loh, bikin asik lah yang begini-begini," kata Fahri.

Baginya sebuah pernikahan, menurut sunnah agama pada dasarnya hanya memberitahu orang bahwa sudah dilaksanakan pernikahan.

"Sunnah itu kan syiarnya memberi tahu orang bahwa anak kita sudah menikah. Pengumumannya di Twitter aja. Ya atau vlog kan, bagus. Asik kan zaman sekarang," kata Fahri.

Pernikahan Kahiyang dan Bobby akan berlangsung di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Rabu (8/11/2017).

Sumber: Kompas TV
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas