Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

MA Kurangi Hukuman 4 Tahun Terpidana Bekas Gubernur Riau Rusli Zainal

Putusan tersebut diputuskan oleh hakim agung Timur Manurung bersama Surya Jaya dan Leopard Luhut Hutagalung pada 14 Agustus 2017.

Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in MA Kurangi Hukuman 4 Tahun Terpidana Bekas Gubernur Riau Rusli Zainal
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Terdakwa Rusli Zainal yang merupakan mantan Gubernur Riau mendengarkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari KPK pada sidang tuntutan Tipikor di Pengadilan Negeri Pekanbaru, Kamis (20/2/2014). JPU akhirnya menjatuhkan tuntutan hukuman 17 tahun penjara dan denda sebesar Rp 1 miliar atau subsideir 6 bulan atas perbuatannya melakukan tindak pidana korupsi kehutanan di Riau, serta terbukti menerima suap atas revisi Perda Pekan Olahraga Nasional (PON) di Riau. (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Terpidana bekas Gubernur Riau Rusli Zainal mendapat keringanan hukuman 4 tahun dari Mahkamah Agung (MA) sehubungan dikabulkannya upaya hukum luar biasa yakni peninjauan kembali (PK) yang dimohonkannya.

Rusli yang sebelumnya dipidana 14 tahun penjara di putusan tingkat kasasi, oleh majelis hakim tingkat peninjauan kembali dikurangi menjadi 10 tahun penjara.

Putusan tersebut diputuskan oleh hakim agung Timur Manurung bersama Surya Jaya dan Leopard Luhut Hutagalung pada 14 Agustus 2017.

"Ketika PK ini turun menjadi sepuluh tahun dan denda satu miliar dan enam bulan (kurungan) apabila tidak dibayar dendanya," kata Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Mahkamah Agung, Abdullah ketika ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (16/11/2017).

Baca: Dokter: Hanya Tuhan yang Tahu Kapan Setya Novanto Sembuh

Putusan peninjauan kembali diakui Abdullah hanya memiliki perbedaan pada di jumlah hukuman penjara. Sementara untuk denda jumlahnya sama dengan jumlah pada putusan sebelumnya.

Perkara yang diregister dengan nomor 31 PK/Pid.Sus/2016 ini sama dengan putusan pada tingkat banding di Pengadilan Tinggi Riau. Pada tahap tersebut, Rusli Zainal divonis 10 tahun dan denda Rp 1 miliar. Putusan itu mengurangi hukuman Rusli di tingkat pertama yakni 14 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsidair enam bulan kurungan.

BERITA REKOMENDASI

Sementara pada tingkat kasasi, hukuman Rusli Zainal kembali di perberat yakni pidana 14 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsidair enam bulan kurungan.

Rusli Zainal adalah terpidana dua kasus yakni korupsi proyek Pekan Olah Raga Nasional (PON) 2012 Riau dan korupsi kehutanan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas