Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ini Alasan Panglima TNI Anulir Rotasi Jabatan Sejumlah Perwira Tinggi yang Dilakukan Gatot

Hadi Tjahjanto mengungkapkan bahwa kebijakannya untuk menganulir rotasi jabatan perwira tinggi di tubuh TNI telah melewati proses evaluasi.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Ini Alasan Panglima TNI Anulir Rotasi Jabatan Sejumlah Perwira Tinggi yang Dilakukan Gatot
Puspen TNI/Kolonel Inf Bedali Harefa, S.H.
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., memimpin Laporan Korps Kenaikan Pangkat 66 Perwira Tinggi TNI, bertempat di Ruang Hening, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (12/12/2017). Panglima TNI mengatakan Program Prioritas TNI Kedepan adalah Pengembangan SDM yang bersih, transparan, humanis dan bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) serta menciptakan pendidikan dan latihan yang bersifat kritis, adaptif, analitis, dan diskursif. (Puspen TNI/Kolonel Inf Bedali Harefa, S.H.) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengungkapkan bahwa kebijakannya untuk menganulir rotasi jabatan perwira tinggi di tubuh TNI telah melewati proses evaluasi.

Rotasi ini dilakukan oleh Panglima TNI sebelumnya, Jenderal Gatot Nurmantyo, terhadap 85 perwira tinggi.

Namun 16 diantaranya dibatalkan oleh Hadi.

"Untuk mengemban amanah sebagai Panglima TNI saya telah melaksanakan evaluasi berkesinambungan terhadap sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan organisasi dan tantangan tugas kedepan," ujar Hadi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (20/12/2017).

Baca: Panglima TNI Batalkan Rotasi Perwira yang Dilakukan Jenderal Gatot Nurmantyo

Selain itu, Hadi mengungkapkan bahwa dirinya telah melakukan evaluasi berdasarkan penilaian sumber daya manusia. Penilaian tersebut didasarkan pada profesionalitas dan manned system.

Mantan Danlanud Adi Soemarmo Solo ini juga mengungkapkan bahwa sistem pembinaan karier di tubuh TNI telah baku. Sehingga, dirinya menegaskan tidak ada alasan subjektif dalam pemilihan jabatan perwira Tinggi TNI.

BERITA TERKAIT

"Tidak ada istilah di dalam pembinaan karier adalah like and dislike," tegas Hadi.

Seperti diketahui, Hadi menerbitkan surat keputusan dari bernomor Kep/928.a/XII/2017 tertanggal 19 Desember untuk menganulir surat mutasi yang diterbitkan Gatot bernomor Kep/982/XII/2017.

Melalui surat keputusan baru ini, rotasi terhadap 16 perwira tinggi TNI yang sebelumnya dilakukan Gatot dinyatakan tidak ada.

Salah satu perwira tinggi yang batal dirotasi adalah Letjen TNI Edy Rahmayadi.

Edy sebelumnya dirotasi Gatot dari jabatan Pangkostrad menjadi Perwira Tinggi Mabes TNI AD dalam rangka pensiun dini. Namun, rotasi itu dinyatakan tidak ada dan Edy tetap menjabat Pangkostrad.

Berikut 16 mutasi yang dianulir Hadi:

1. Letjen TNI Edy Rahmayadi NRP 30442, Pangkostrad jabatan baru sebagai Perwira Tinggi Mabes TNI AD

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas