Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Antisipasi Kadernya Korupsi, Golkar Tandatangani Pakta Integritas‎ dengan KPK

Dengan Pakta Integritas tersebut menurut Airlangga kader Partai Golkar yang kemudian diketahui melakukan korupsi akan langsung dijatuhi sanksi tegas

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Antisipasi Kadernya Korupsi, Golkar Tandatangani Pakta Integritas‎ dengan KPK
Tribunnews.com/Fransiskus Adhiyuda
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto di KPU Pusat 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah kader Golkar yang maju dalam Pilkada Serentak 2018 menandatangani pakta integritas dalam rapat konsultasi di Hotel Sultan, Jakarta, Senin, (19/2/2018).

Penandatanganan pakta integritas tersebut disaksikan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) ‎Saut Situmorang.

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengatakan penandatanganan pakta integritas tersebut ‎sebagai bagian dari tagline Golkar Bersih. Selain itu untuk mengantisipasi agar para Kader Golkar terutama yang maju dalam Pilkada tidak terjerumus dalam praktik korupsi.

‎"Ini mengantisipasi agar Golkar bersih didengar dan dilaksanakan kader dan juga oleh fungsionaris partai golkar terutama menghadapi Pilkada nanti," katanya.

Baca: Menteri Luhut Ajak AirAsia Operasikan Pesawat Kargo Ikan

Dengan Pakta Integritas tersebut menurut Airlangga kader Partai Golkar yang kemudian diketahui melakukan korupsi akan langsung dijatuhi sanksi tegas, salah satunya dicopot dari jabatan yang diembannya.

BERITA TERKAIT

"Sanksinya tegas bahwa apabila mendapat persoalan itu langsung ditarik," katanya.

Sementara itu Komisioner KPK Saut Situmorang mengatakan penandatanganan pakta integritas merupakan salah satu upaya untuk membangun integritas Partai.

Pemimpin Indonesia menurutnya dibangun ‎melalui Parpol, sehingga harus meiliki integritas yang tinggi.

"K‎alau berintegritas itu apa, ya sesuatu yang baik yang berefisiensi sesuatu yang bisa dipertanggungjawabkan sesuatu yang transparan sesuatu yang adil sesuatu yang jujur dan seterusnya dan seterusnya,"katanya.

Saut berharap apa yang dilakukan partai golkar dengan menggelar rapat konsultasi ‎mendukung terciptanya pemerintahan yang bersih serta penandatanganan pakta integritas dapat diikuti oleh partai lainnya.

"Oleh karena itu apa yang dilakukan oleh partai nomor empat ini dapat disusul oleh partai partai lainnya sehingga kemudian rakyat bisa memilih yang menurut sesuai keinginan mereka. Dengan demikian akan ada chek and balance," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas