Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kasus First Travel

Bos First Travel Kerap Mangkir Setiap Dipanggil Kemenag

Direktur di Kemeneag Beberkan bahwa bos First Travel kerap dipanggil Kemenag untuk dilakukan mediasi dengan para calon jemaah dan agen.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUN-VIDEO.COM - Saksi sekaligus Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama (Kemenag), Arfi Hatim membeberkan, bahwa bos First Travel kerap dipanggil Kemenag untuk dilakukan mediasi dengan para calon jemaah dan agen.

Pemangilan First Travel terkait banyaknya pengaduan dari para calon jemaah yang mengeluhkan waktu keberangkatan umrah yang tidak jelas.

"pada bulan Maret 2017, kami juga mendapatkan pengaduan dari masyarakat jemaah First Travel dimana posisi mereka ada di Bandara Soetta tapi engga diberangkatkan," kata Arfi dalam sidang lanjutan tehadap tiga terdakwa bos First Travel Andika Surachman, Anniesa Hasibuan dan Siti Nuraidah Hasibuan alias Kiki di Pengadilan Negeri Depok, Jawa Barat, Senin (9/4/2018).

Dari keluhan tersebut, Kemenag memanggil menajemen First Travel pada bulan April 2017.

"Kemudian kami melakukan tim investigasi dan hasilnya kami melayangkan surat pemimpin First Travel. Panggilan kedua, 18 April 2017 yang datang Andika dan Anniesa langsung bertemu pimpinan saya," kata Arfi.

Kemudian, Kemenag mendapat aduan lagi dari calon jemaah dimana mereka tidak berangkat umrah dan terpaksa menginap di hotel serta Bandara Soetta.

"kami kirimkan tim untuk memonitor dan ada juga yang menginap di hotel di sekitar bandara dan memang betul ada beberapa jemaah yang nginap di bandara dan kami lakukan pemanggilan untuk klarifikasi," terang Arfi.

Baca: Kartu Indonesia Sehat Tidak Berguna Bagi Korban Bom Bali, Chusnul Khotimah

Baca: KPK Tunggu Vonis Setnov Untuk Tentukan Pemeriksaan Puan Maharani dan Pramono Anung

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Nurmulia Rekso Purnomo
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas