Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

36 Juara di Kategori Industri, 4 Pembicara, 1 yang Terbaik

Ajang penghargaan Indonesia Content Marketing Awards (ICMA) 2018 telah usai digelar pada Rabu 11 April 2018.

Editor: Content Writer
zoom-in 36 Juara di Kategori Industri, 4 Pembicara, 1 yang Terbaik
Acara penganugrahan bagi para pelaku content marketing di Indonesia. Yang pertama dan penuh dengan berbagai insight menarik 

Ajang penghargaan Indonesia Content Marketing Awards (ICMA) 2018 telah usai digelar pada Rabu 11 April 2018. Acara yang diselenggarakan oleh Grid Story Factory dan Grid Voice di Ballroom Djakarta Theater ini menjadi pusat perhatian berbagai kalangan bisnis.

Tak kurang dari 350 perwakilan pelaku pemasaran dari beragam industri hadir. Juga para pejabat dari berbagai institusi pemerintahan ikut ambil bagian.

Perhelatan dibuka oleh CEO Kompas Gramedia, Andy Budiman serta Junior Respati Eko Putro selaku chairman ICMA 2018 dirangkai dalam satu kesatuan cerita.

Cerita dibangun dari pembacaan hasil riset oleh Dani Satrio dan Reiza Maspaitella. Head of Strategy di Grid Story Factory dan Grid Voice itu memaparkan hasil riset yang mengonfirmasi perubahan perilaku audiens dengan antisipasi dari brand.

icma

Brand Terbaik dari Seleksi yang Panjang
Pada perhelatan ini, puluhan brand menerima penghargaan atas prestasi, inovasi, dan kreativitas yang diterapkan dalam menerapkan strategi content marketing sepanjang tahun 2017.

Penilaian dimulai dari seleksi terhadap 3.597 brand yang memiliki owned media berupa website, media sosial, maupun in-house magazine.

Aspek yang dinilai cukup komprehensif. Mulai dari performa engagement, kualitas konten, dan estetika visual baik di website maupun media sosial yang saat ini dikelola. Untuk penilaian in-house magazine terdapat perbedaan aspek penilaian yang meliputi kualitas desain visual, kualitas cover, dan kualitas konten halaman isi.

BERITA TERKAIT

Brand yang terpilih memperoleh penghargaan telah melalui seleksi penilaian ketat dewan juri. Antara lain: Sapto Anggoro (CEO Tirto.id), Dennis Adhiswara (CEO Layaria Network), Borrys Hasian (Design Lead Grab Southeast Asia), Abang Edwin SA (Business Director Bubu.com), Wisnu Nugroho (Editor in Chief Kompas.com), dan Eddy Suhardy (ICMA Head Judge).

“Skor-nya sangat ketat. Boleh dibilang, semua brand atau institusi yang masuk dalam daftar nominee adalah yang sudah sangat baik menjalankan strategi konten terutama di berbagai media dalam pengelolaan brand,” ujar Eddy Suhardy.

icma

Cerita Social Bakers dan Youth Lab
Selain penyerahan penghargaan, terdapat sesi “Content Marketing Talk” yang menceritakan tentang optimalisasi media sosial.

Dengan tema “How to Optimize Your Social Media Presence”, Britanny Bott dari Social Bakers dalam presentasinya menceritakan, “Saat ini, mengelola media sosial mengaharuskan kita untuk kreatif dan fleksibel. Fakta menunjukkan bahwa strategi yang optimal dijalankan hari ini belum tentu akan relevan di waktu besok.

Selain itu, tetaplah bereksperimen dengan variasi fitur di media sosial yang Anda gunakan.” tuturnya. Lalu bagaimana karakteristik market hari ini?

Dr. Muhammad Faisal M.Si dari Youth Laboratory Indonesia memaparkan hasil risetnya. Faisal menjelaskan bahwa terdapat kecenderungan perubahan pola pikir antara generasi anak muda saat ini dan generasi pemuda yang akan datang.

Ia mengatakan, “Tren remaja mengalami pergeseran dari yang semula lebih pasif dan cenderung konsumtif. Kini mereka mulai mencari sosok yang dinilai memiliki kesamaan cara berpikir, ingin menjadi bagian dari komunitas, serta berusaha lebih memaknai informasi yang mereka dapatkan, bukan hanya sekedar mengetahui.”

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas