Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gejolak Suriah, Menlu Minta Amerika, Inggris dan Perancis Perhatikan Perempuan dan Anak-anak

Pada intinya mereka (para dubes) menyampaikan posisi mereka dan Menlu kembali menyampaikan posisi Indonesia

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Gejolak Suriah, Menlu Minta Amerika, Inggris dan Perancis Perhatikan Perempuan dan Anak-anak
Rina Ayu/Tribunnews.com
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmantha Nasir dan Direktur Kerja Sama Politik Keamanan ASEAN, Mochammad Chandra Widya Yudha di di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (20/4/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Indonesia melalui Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi meminta 4 hal kepada negara Amerika Serikat, Perancis, dan Inggris terkait gejolak di negara Timur Tengah yakni Suriah.

Sebelumnya diketahui Duta Besar yang terdiri dari Duta Besar Amerika Serikat Joseph Donovan, Duta Besar Inggris Moazzam Malik, dan Duta Besar Perancis Jean-Charles Berthonnet, menyambangi Menlu Retno pada Kamis pagi (19/4/2018) kemarin.

Dalam pertemuan tertutup tersebut Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmantha Nasir mengatakan Pemerintah Indonesia menyampaikan bhal penting posisi Indonesia dalam isu-isu di Suriah itu.

"Pada intinya mereka (para dubes) menyampaikan posisi mereka dan Menlu kembali menyampaikan posisi Indonesia," katanya di kantor Kementerian Luar Negeri, Pejambon, Jakarta Pusat, Jumat (20/4/2018).

Ujar Arrmanatha, Indonesia secara tegas meminta agar negara Amerika Serikat, Inggris, Perancis, memperhatikan aspek kemanusiaan.

"Kita mengecam dengan keras penggunaan senjata kimia oleh siapa pun, kita meminta bahwa semua pihak memperhatikan aspek kemanusiaan khususnya perempuan dan anak-anak," kata pria yang kerap disapa Tata ini.

Diketahui, gejolak di Suriah menarik perhatian masyarakat internasional seperti dugaan serangan senjata kimia ke Douma, daerah pinggiran Suriah yang setidaknya menewaskan sekitar 40 orang.

BERITA TERKAIT

Kemudian dengan alasan menumpas penggunaan senjata kimia, Amerika-Suriah-Perancis melakukan serangan udara terhadap fasilitas-fasilitas riset biologi dan kimia Suriah, sebagai serangan balik kepada Suriah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas