Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Konsentrasi Siswa Buyar Seketika, Sudah Kehujanan, Server pun Error

Gangguan server saat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama membuat psikologis para siswa SMP menjadi terganggu.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Konsentrasi Siswa Buyar Seketika, Sudah Kehujanan, Server pun Error
TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Sejumlah peserta menjawab soal Bahasa Indonesia yang tertera pada komputer saat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018 hari pertama di SMP Negeri 2, Jalan Sumatera, Kota Bandung, Senin (23/4/2018). Pelaksanaan UNBK tingkat SMP di Kota Bandung serentak diselenggarakan di 245 sekolah yang diikuti sebanyak 37.186 peserta. Ujian akan berlangsung hingga Kamis (26/4/2018), dengan mata pelajaran yang diujikan yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gangguan server saat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari pertama membuat psikologis para siswa SMP menjadi terganggu.

Gangguan itu membuat pelaksanaan UNBK menjadi tertunda beberapa jam.

"Ya otomatis terganggu ya. Konsentrasi juga sedikit buyar," ujar Hikmal, Siswa kelas IX SMP 111 Jakarta.

Pasalnya, saat teman-temannya di ruangan lain sudah selesai melaksanakan UNBK, Hikmal dan beberapa rekannya yang berada di ruang 9-7 malah belum mengikuti ujian.

Hikmal sebenarnya telah memulai UNBK sekira pukul 10.00 WIB dari jadwal semula yang seharusnya Pukul 07.30 WIB.

Namun karena tiba-tiba jaringan kembali error, dia dan beberapa temannya yang bernasib sama sepertinya diimbau untuk keluar dulu dan baru melanjutkan UNBK setelah gangguan kembali normal.

"Tadi sudah mulai ngerjain empat soal. Tapi tiba-tiba error, enggak bisa klik option jawaban. Akhirnya kata pengawas disuruh keluar dulu nanti gantian pakai komputer yang lain," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Hal senada disampaikan Heiqal yang juga siswa menjalani UNBK di ruang 9-7 SMP 111 Jakarta.

Baca: Setya Novanto Menanti Vonis Hakim

Terlebih, ia sudah mengerjakan 13 soal UNBK mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum akhirnya laptop yang ia gunakan mengalami gangguan.

"Ya kecewa lah. Mana tadi pagi sudah hujan-hujanan ke sini. Pas sampai sini ternyata gangguan. Tapi ya mau gimana lagi. Namanya juga dari pusatnya yang error," ujar Heiqal.

Server komputer error juga terjadi di SMPN 13 Depok.

Menurut kepala sekolah SMPN 13 Depok Hehen Hendra kepala soal baru bisa diakses ketiga kelas pada sesi pertama dua kelas pada pukul 09.10 WIB dan kelas selanjutnya pukul 10.05 WIB.

Diketahui para peserta UNBK kemarin menghadapi pelajaran Bahasa Indonesia.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas