Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Jokowi Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia

Presiden Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), Depok, Jawa Barat.

Jokowi Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia
Tribunnews.com/Seno Tri Sulistiyono
Presiden Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), Depok, Jawa Barat, Selasa (5/6/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Presiden Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), Depok, Jawa Barat, Selasa (5/6/2018).

Jokowi yang mengenakan batik coklat lengan panjang tiba di lokasi sekitar pukul 08.30 WIB bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla‎.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan pembangunan UIII menelan biaya sebesar Rp 3,5 triliun dan telah masuk dalam bagian proyek strategis nasional.

"Tahun ini sudah dianggarkan Rp 700 miliar dan diperkirakan selesai secara total dalam waktu 4 tahun, tapi tahun depan sudah bisa digunakan (sebagian) satu atau dua mata kuliah sudah disiapkan," tutur Jokowi.

Pembangunan UIII menjadi tahapan lanjutan setelah Presiden Jokowi menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 57 Tahun 2016 tentang Pendirian UIII pada 29 Juni 2016.

Baca: Pemerintah tak Langgar Cagar Budaya Rumah Cimanggis Soal Kampus UIII kata Fajar Pratikto

UII dibangun di atas lahan sekitar 143 hektar dengan tujuh fakultas dan akan menjadi bagian dari upaya pemerintah untuk membangun pusat peradaban Islam Indonesia.

Terdapat tiga pilar utama yang akan disiapkan dalam membangun pusat peradaban Islam Indonesia, yaitu UIII, Pusat Pusat Budaya Islam Indonesia, dan Pusat Pengkajian Islam Strategis.

‎Tampak hadir jajaran menteri Kabinet Kerja, di antaranya Menteri Agama Lukman Hakim, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir‎, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anum.

Selain itu, turut hadir Wakapolri Komjen Syafruddin, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, ‎dan beberapa pejabat daerah.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas