Tribun

Jadi Caleg Lewat Nasdem, Okky Asokawati Dinilai Sekjen PPP Tak Tunjukkan Etika Politik

Arsul mencontohkan etika politik dari Titiek Soeharto kala mengundurkan diri dari Partai Golkar untuk bergabung dengan Partai Berkarya.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Jadi Caleg Lewat Nasdem, Okky Asokawati Dinilai Sekjen PPP Tak Tunjukkan Etika Politik
dok. DPR RI
Anggota Komisi IX DPR RI Okky Asokawati. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Okky Asokawati kembali maju sebagai caleg. Namun kali ini dia maju lewat Partai Nasdem.

Perpindahannya ke Partai Nasdem disayangkan oleh PPP.

Baca: Rumah Terduga Teroris Yang Digeledah di Bandung, Ditangkap di Karawang

Sebab, menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) PPP Arsul Sani, Okky tidak menunjukkan etika politik karena belum mengajukan pengunduran diri ke PPP.

Arsul mencontohkan etika politik dari Titiek Soeharto kala mengundurkan diri dari Partai Golkar untuk bergabung dengan Partai Berkarya.

"Nah ini saya menyesalkan bahwa orang DPR dan DPRD yang pinter-pinter bahkan jadi pengajar etika, tapi kok standar etika politiknya tidak seperti Mbak Titiek Soeharto," ucap Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (19/7/2018).

"Etika politik yang ditunjukkan oleh Mbak Titiek Soeharto. Beliau ketemu dulu sama pimpinan partainya, mengajukan surat pengunduran diri, tidak hanya sebagai anggota partai tapi sebagai anggota DPR, kemudian baru mengumumkan diri kepada publik atau menampakkan diri kepada publik bahwa saya sekarang pindah partai," ujar Arsul.

Sebelumnya, sejumlah publik figur mendaftarkan diri sebagai calon legislatif DPR RI melalui Partai Nasdem. Beberapa di antaranya Nafa Urbach, Tessa Kaunang, Kristina, Manohara Odelia Pinot, dan Okky Asokawati.

Okky sendiri saat ini menjabat sebagai anggota DPR dari Fraksi PPP. Ia pertama kali terjun ke dunia politik pada tahun 2009.

Kala itu, mantan peragawati ini terpilih menjadi anggota DPR RI Komisi IX dari Fraksi PPP periode 2009-2014. Pada Pemilu 2014, ia maju kembali sebagai caleg DPR RI dari PPP Dapil DKI Jakarta II dan terpilih lagi.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas