Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengusaha Besi Tua Tebus Kain Kiswah Ka'bah Milik Suryadharma Ali Rp 450 Juta

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melelang barang rampasan milik terpidana kasus korupsi. Barang-barang tersebut dilelang karena telah berkekuatan hu

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Samuel Febrianto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melelang barang rampasan milik terpidana kasus korupsi. Barang-barang tersebut dilelang karena telah berkekuatan hukum tetap.

Salah satu barang rampasan yang dilelang oleh KPK ialah Kain Kiswah Ka'bah milik terpidana kasus korupsi penyelenggaraan ibadah haji 2010-2013, Suryadharma Ali.

Baca: Video Anies Diteriaki Pendukung Ahok Saat Pidato Soal Pembuat Grand Desain Lapangan Banteng

Kain bewarna hitam berukuran 80 cm x 59 cm bertuliskan lafaz atau kaligrafi arab bewarna kuning emas itu didapatkan oleh seorang pengusaha besi tua bernama Muhammad Zufri.




Pria asal Jakarta Barat tersebut menebusnya dengan harga Rp 450 juta. Padahal, harga limit kain kiswah hanya berada dikisaran angka Rp 22,5 juta.

"Selama ini kan sudah tahu kita ini seorang muslim, bahwa itu adalah suatu ibaratnya koleksi yang terbaik. Karena tutupnya Ka'bah jadi kami keinginan untuk koleksi di rumah dan alhamdulillah dengan angka 450 juta itu kalau kita nilai di Mekah itu lebih mahal daripada harga yang ada di KPK ini," tutur Zufri usai mengikuti acara lelang di Gedung Penunjang KPK, Kuningan, Jakarta, Selasa (25/7/2018).

Zufri menuturkan, sudah seminggu dia mengincar kain kiswah tersebut. Setelah mendapatkannya, dia berencana akan memasukkan kain kiswah sebagai salah satu barang koleksinya.

Baca: Wasekjen DPP PPP Tanggapi Pernyataan SBY: Jadi Elit Politik Jangan Baper

"Akan saya taruh dalam bingkai. Tidak akan saya jual lagi, insya Allah untuk di rumah saja," katanya.

BERITA TERKAIT

Zufri menceritakan, ini bukan pertama kali dirinya mengikuti acara pelelangan yang diselenggarakan oleh lembaga antirasuah tersebut.

"Kalo untuk mobil Crown dan Mercy itu karna BPKB dan STNK tidak ada, dan harganya kan sekarang sudah lesu mobilnya. Dan kurang terawat juga mobilnya. Kalau yang tadi mobil Mercy kita susah menawar tertinggi, sudah mencapai 1 miliar. Ya sudah kita ngalah aja dulu lah gitu," terang Zufri.

Selain kain kiswah, Zufri juga mendapatkan satu tas kulit dan satu buah handphone yang dia enggan sebutkan harganya serta nama pemiliknya.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas