Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PKS: Masukan Ulama Penting untuk Bangun Koalisi dan Menentukan Capres-Cawapres

Sikap politik dari para ulama memberikan dampak yang signifikan terhadap konstelasi politik di Indonesia.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in PKS: Masukan Ulama Penting untuk Bangun Koalisi dan Menentukan Capres-Cawapres
Wartakota/henry lopulalan
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebelum melakukan pertemuan tertutup di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (24/7). Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari komunikasi politik yang dibangun Partai Demokrat dan Gerindra jelang Pilpres 2019. (Wartakota/Henry Lopulalan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri akan mendengar masukan dari forum Ijtima Ulama GNPF, soal koalisi dan rekomendasi Calon Presiden-Calon Wakil Presiden.

Direktur Pencapresan PKS Suhud Alynudin mengatakan bahwa aspirasi politik dari ulama sangatlah penting.

Sikap politik dari para ulama memberikan dampak yang signifikan terhadap konstelasi politik di Indonesia.

"Ada realitas politik di hadapan kita ada sekelompok umat Islam yang jumlanya tidak sedikit. Yang berafiliasi ke mereka ya jadi ini kan asprirasi yang mesti di tampung. Tidak mungkin diabaikan nah mereka ini sangat signifikan dalam konstelasi politik dan mereka di dengar oleh sebagian umat Islam," kata Suhud saat dihubungi, Jumat, (27/7/2018).

Apalagi menurut Suhud garis politik PKS harus mendengarkan masukan ulama dalam setiap keputusannya.

Sementara itu terkait rekomendasi nama Capres/Cawapres yang diusulkan forum Ijtima Ulama GNPF, Suhud mengaku belum mengetahuinya. Hanya saja, sejauh ini ada tiga nama yang santer diperbincangkan mereka yakni Prabowo Subianto, Salim Segaf Al Jufri, dan Zulkifli Hasan.

"Kombinasinya seperti apa saya engga tahu. Tapi nama itu katanya muncul," katanya.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto akan bertemu dengan Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri di Hotel Peninsula, Jakarta, Jumat malam (27/7/2018).

Keduanya akan bertemu dalam forum pertemuan Ijtima Ulama GNPF. Selain Prabowo dan Salim turut juga diundang Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

"Jadi pertemuannya itu menghadiri undangan ijtima ulama forum ijtima ulama GNPF. Nah mereka kan melakukan pertemuan para ulama," ujar Direktur Pencapresan DPP PKS Suhud Alynudin saat dihubungi.
Keduanya menurut Suhud akan mendengarkan masukan dari forum Ijtima ulama mengenai koalisi termasuk soal Calon Presiden dan calon Wakil Presiden yang akan disusung.

"Iya jadi mereka akan memberikan masukan kriteria dan lain-lain terus juga ada diberi kesempatan pak Salim Segaf Al Jufri, pak Prabowo mungkin juga pak Zulkifli untuk berpidato," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas