Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Gelar Pelatihan Konstruksi, Warga Binaan Akan Dilibatkan Dalam Proyek Infrastruktur Nasional

Dalam pelatihan tersebut, sebanyak 100 warga binaan mengikuti pelatihan dan keterampilan yang dipelajari

Gelar Pelatihan Konstruksi, Warga Binaan Akan Dilibatkan Dalam Proyek Infrastruktur Nasional
Chaerul Umam/Tribunnews.com
'Pelatihan Konstruksi Bidang Bangunan Umum' bagi warga binaan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Permasyarakatan (Ditjen PAS) Kemenkum HAM bekerja sama dengan Kementerian PUPR dan Balai Jasa Konstruksi Wilayah III Jakarta menggelar 'Pelatihan Konstruksi Bidang Bangunan Umum' bagi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang, Jakarta Timur.

Dalam pelatihan tersebut, sebanyak 100 warga binaan mengikuti pelatihan dan keterampilan yang dipelajari nantinya bakal disalurkan baik sebelum maupun setelah menjalani proses hukuman.

Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Syarif Burhanudin mengatakan seluruh peserta bakal diberikan keterampilan dari instruktur ahli dalam mengolah material besi, batu, dan kayu hingga menjadi sebuah bangunan.

"Pelatihan selama empat hari ini bukan hanya kayu dan batu, tapi besi. Pelatihan ini bukan tujuan, tapi akhirnya mereka harus bekerja," kata Syarif di Lapas Kelas I Cipinang, Jakarta, Senin, (30/7/2018).

Kementerian PUPR juga nantinya akan mengeluarkan sertifikat resmi setelah pelatihan tersebut selesai.

Pemberian sertifikat tersebut diharapkan menjadi bekal narapidana setelah selesai menjalani hukuman untuk dilibatkan dalam proyek infrastruktur nasional.

"Apabila sudah bersertifikat mereka akan terdaftar di website Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN) kalau ada pekerjaan di suatu tempat kita tawarkan nama-nama yang berkompeten, kontraktor tidak akan bingung," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami mengatakan jika pelatihan tersebut merupakan upaya pembinaan untuk warga lapas.

“Pelatihan ini merupakan langkah yang sangat strategis sebagai salah satu bentuk pembinaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan. Ini juga merupakan bentuk nyata peran Pemasyarakatan dalam pembangunan,” ucap Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami, saat membuka kegiatan di Lapas Kelas I Cipinang, Jakarta, Senin (30/7/2018).

Selain dihadiri oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami dan Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR, pembukan pelatihan turut dihadiri Kepala Lapas Kelas I Cipinang, dan Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah III Jakarta.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas