Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Masyarakat Patimban Berharap Pemerintah Beri Keadilan

Mereka berharap pembangunan Pelabuhan Patimban dapat melibatkan warga sekitar, sehingga meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi warga di Subang.

Editor: Content Writer

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo mengatakan, masyarakat Desa Patimban, Kecamatan Pusakanegara, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat secara tegas mendukung penuh pembangunan Pelabuhan Patimban masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Namun mereka membutuhkan kepastian agar pemerintah bisa memberikan keadilan dan meningkatkan kesejahteraan dengan dibangunnya Pelabuhan Patimban ini.

Demikian diungkapkannya saat memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI ke Kabupaten Subang, Jabar, Jumat (21/9/2018), guna merespon audiensi Paguyuban Tani Berkah Jaya Patimban yang sebelumnya mendatangi Komisi V DPR RI, terkait pembangunan Pelabuhan Patimban.

Mereka berharap pembangunan Pelabuhan Patimban dapat melibatkan warga sekitar, sehingga meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi warga di Subang.

“Kunjungan kita ke sini selain ingin melihat secara langsung proses pembangunan Pelabuhan Patimban, juga untuk mendapatkan masukan dari semua pihak, baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun masyarakat sekitar pelabuhan, terkait permasalahan yang ada dalam proses pembangunan Pelabuhan Patimban,” ungkap Sigit di sela-sela pertemuan dengan masyarakat dan pihak terkait di Kantor Camat Pusakanagara, Subang, Jabar.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera itu memastikan, pihaknya berjanji akan membantu mediasi masyarakat Desa Patimban dengan pihak-pihak yang terkait dalam rangka menjamin kepastian dan keadilan terhadap hak-hak mereka yang harus diperoleh.

“Seluruh pemangku kepentingan sepakat  mendukung pembangunan Pelabuhan Patimban, karena menyangkut kepentingan dan masa depan masyarakat Kabupaten Subang ke depan. Masyarakat Patimban, Subang dan sekitarnya hanya ingin keadilan dan hak mereka terpenuhi dengan nilai yang wajar,” ujar Sigit.

BERITA REKOMENDASI

Hal senada juga disampaikan Anggota Komisi V DPR RI Nurhasan Zaidi . Menurutnya, pada prinsipnya masyarakat Desa Patimban menyambut dengan gembira kehadiran Pelabuhan Patimban ini.

Karena dengan adanya pelabuhan ini, mereka menyadari bahwa akan memberikan sebuah kemajuan bagi masyarakat sekitarnya.

“Kita berharap agar segera ditentukan jalan tengahnya, agar pembebasan lahan segera tuntas, karena lahan warga yang terkena imbas dari pembangunan Pelabuhan Patimban ini merupakan lahan pertanian yang menjadi mata pencaharian mereka sehari-hari,” kata politisi PKS itu.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan R. Agus H. Purnomo dalam paparannya mengatakan, pembangunan Pelabuhan Patimban bertujuan mengurangi biaya logistik dengan mendekatkan pusat produksi dengan pelabuhan.

Selain itu, memperkuat ketahanan ekonomi, mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas kendaraan serta menjamin keselamatan pelayaran termasuk area eksplorasi migas. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas