Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

LPDB Ajak Mahasiswa dan Alumni Perguruan Tinggi Manfaatkan Dana Bergulir

Perguruan tinggi merupakan motor penggerak untuk menciptakan para wirausaha dari kalangan terdidik

LPDB Ajak Mahasiswa dan Alumni Perguruan Tinggi Manfaatkan Dana Bergulir
Istimewa
Braman Setyo saat membuka acara Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Bisnis Kewirausahaan dan Start-Up LPDB KUMKM di Universitas Prasetiya Mulya, Serpong, Selasa (25/9). 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) Braman Setyo mengatakan, salah satu implementasi dari penyaluran dana bergulir adalah menggerakkan kewirausahaan di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda di Indonesia.

“Oleh karena itu, salah satu program kami itu dengan memberi akses permodalan bagi pengembangan wirausaha dari kalangan alumni atau mahasiswa perguruan tinggi untuk dapat mengakses pembiayaan atau modal bisnis", kata Braman pada acara Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Bisnis Kewirausahaan dan Start-Up LPDB KUMKM di Universitas Prasetiya Mulya, Serpong, Selasa (25/9/2018).

Di depan sekitar 400-an mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya, Braman menekankan, perguruan tinggi merupakan motor penggerak untuk menciptakan para wirausaha dari kalangan terdidik, dimana mereka lahir dari inkubator bisnis yang ada di kampus masing-masing.

“Kami memahami, beberapa kendala yang kerap dihadapi para wirausaha pemula itu, diantaranya kualitas SDM, inovasi teknologi, hingga pembiayaan atau permodalan. Oleh karena itu, LPDB KUMKM hadir dan menjawab tantangan itu, khususnya yang terkait dengan kendala permodalan", tandas Braman.

Untuk itu, lanjut Braman, tahun ini LPDB KUMKM menyiapkan dana bergulir sebesar Rp100 miliar yang bisa dimanfaatkan para wirausaha pemula di lingkungan perguruan tinggi untuk meningkatkan kapasitas usahanya.

“Saya mengajak para mahasiswa semester akhir dan juga para alumni perguruan tinggi untuk segera mengakses dana bergulir di LPDB KUMKM", jelas Braman.

Baca: Mahasiswa Prasetiya Mulya Berkesempatan Kuliah di Luar Negeri Melalui Program Study Abroad

Terlebih lagi, kata Braman, untuk para wirausaha pemula mengakses dana bergulir terbilang mudah dan tidak rumit. Cukup melampirkan domisili usaha dari kecamatan, sudah enam bulan menjalankan usahanya, dan nantinya ada jaminan dari masing-masing orangtua sebagai guarantor.

“Dengan maksimal pinjaman Rp 50 -250 juta per wirausaha dan dengan bunga sangat rendah yaitu di bawah 10% per tahun menurun, diharapkan itu bisa dimanfaatkan kalangan mahasiswa. Namun, saya tekankan ini bukan dana hibah, melainkan pinjaman yang harus dikembalikan", bagi alumni dan mahasiwa yang sudah memiliki bisnis yg sudah jalan dan memiliki badan hukum (PT/CV/UD) bisa langsung ke LPDB, bunga lebih rendah hanya 5% sliding (menurun)," jelas Braman.

Untuk lebih mempercepat laju penyalurannya, Braman menyebutkan LPDB KUMKM juga melibatkan peran perusahaan penjaminan, seperti Perum Jamkrindo bagi yang tidak memiliki jaminan.

“Penandatanganan MoU antara LPDB dengan Universitas Prasetiya Mulya ini merupakan pilot project yang nantinya diakselerasikan ke berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia", ungkap Braman.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas