Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Berita Parlemen

BKIPM Harus Cabut Pelarangan Izin Lalu Lintas Koral

Menurut legislator Fraksi PAN DPR RI itu, kejadian ini merupakan proses tatakelola yang multitafsir.

BKIPM Harus Cabut Pelarangan Izin Lalu Lintas Koral
Tribun Timur/Darul Amri Lobubun

Komisi IV DPR RI meminta Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan (BKIPM) Denpasar dan Mataram untuk segera mencabut surat pelarangan izin lalu lintas koral dan anemon dalam rangka meningkatkan nilai ekspor nasional, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang terlibat di dalamnya.

Hal tersebut tertuang pada poin kesimpulan rapat yang dibacakan oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Viva Yoga Mauladi saat memimpin Rapat Gabungan Komisi IV DPR RI dengan sejumlah kementerian Kabinet Kerja di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (25/9/2018).

Hadir dalam Rapat Gabungan itu perwakilan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Perdagangan, Kementerian Keuangan, Kementerian Luar Negeri, Kemenko Kemaritiman, Kemenko Perekonomian, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) serta Asosiasi Koral Kerang dan Ikan Hias Indonesia (AKKII).

Surat larangan dari BKIPM tersebut termasuk salah satu persyaratan ekspor koral. Menurut legislator Fraksi PAN DPR RI itu, kejadian ini merupakan proses tatakelola yang multitafsir.

Bahkan kalau ekspor koral atau karang hias ini ditutup, akan ada 12 ribu tenaga kerja yang akan dirumahkan serta menghilangkan Rp 150 miliar ekspor yang seharusnya masih berkembang.

“Alhamduliiah sudah diambil kesimpulan bahwa tata kelola koral dan ikan hias ini sudah diselesaikan dari sisi tafsir. Kemudian juga sudah diputuskan bahwa BKIPM Bali dan Mataram harus mencabut imbauannya, karena tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” pungkas legislator dapil Jawa Timur ini. (*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas