Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Kementerian PUPR Kirimkan Alat Berat, Peralatan Air Bersih dan Sanitasi ke Donggala-Palu

Kementerian PUPR mengirimkan peralatan air bersih dan sanitasi serta tambahan alat bera tanggap darurat bencana Palu dan Donggala.

Kementerian PUPR Kirimkan Alat Berat, Peralatan Air Bersih dan Sanitasi ke Donggala-Palu
dok. Kementerian PUPR
Bantuan Kementerian PUPR kepada korban gempa dan tsunami Donggala-Palu. 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Minggu (30/9/2018), telah mengirimkan peralatan air bersih dan sanitasi serta tambahan alat berat untuk membantu penanganan tanggap darurat bencana gempa bumi magnitude 7,4 di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah yang terjadi Jumat (28/9/2018).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam kunjungan kerjanya mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau lokasi gempa di Kota Palu mengatakan pada masa tanggap darurat ketersediaan air bersih sangat penting

Oleh karenanya Tim Kementerian PUPR telah melakukan survey lokasi-lokasi yang berpotensi sebagai sumber air baku para pengungsi.

Terdapat 6 lokasi untuk dibuat sumur bor yang dioperasikan dengan genset dan 2 lokasi menggunakan solar cell (tenaga surya).

Selain itu sumber air permukaan seperti Sungai Palu juga akan digunakan sebagai sumber air baku menggunakan pipa intake di Jembatan Palu 2 dan Jembatan Kasubi.

Disamping itu sudah dikirim peralatan air bersih dari tiga Gudang PUPR di Makassar, Surabaya dan Bekasi yang akan dikirimkan ke Palu dan Donggala.

Peralatan yang dikirimkan yakni mobil Tangki air, mobil Intalasi Pengolahan Air, mobil tinja dan mobil lapangan total sebanyak 35 unit, tenda darurat 34 unit, WC knockdown 49 unit, hidran umum 25 unit, genset 3 unit dan peralatan lainnya.

Pengiriman peralatan air bersih dan sanitasi dari Bekasi dan Surabaya akan menggunakan Kapal Laut dan diperkirakan akan tiba dalam waktu 5-6 hari. Peralatan dari Makassar akan dikirimkan melalui jalur darat.

Untuk memudahkan kordinasi, Pusat Komando Gabungan Satgas Penanggulangan Bencana Kementerian PUPR akan berkantor di Balai Wilayah Sungai III di Jalan Abd. Rahman Saleh, Palu.

Kementerian PUPR juga sudah melakukan pembersihan jalan nasional Makassar - Palu - Donggala dari longsor dan tsunami sehingga bantuan bisa disalurkan melalui jalur darat.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas