Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penuturan Atiqah Hasiholan: Ratna Sarumpaet Sudah Alami Gangguan Psikis Sejak Setahun Terakhir

Gangguan psikis yang diderita Ratna Sarumpaet itu dibeberkan oleh anaknya sendiri, yaitu aktris Atiqah Hasiholan

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Penuturan Atiqah Hasiholan: Ratna Sarumpaet Sudah Alami Gangguan Psikis Sejak Setahun Terakhir
KOMPAS.com/ Ira Gita
Atiqah Asiholan bersama kuasa hukum Ratna Sarumpaet, Insang Nasrudin saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (6/11/2018). 

Laporan Reporter Warta Kota, Arie Puji Waluyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebelum resmi ditangkap polisi pada 4 Oktober 2018 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang karena kasus hoaks alias berita bohong, aktivis dan seniman Ratna Sarumpaet rupanya sudah mengalami gangguan psikis.

Gangguan psikis yang dialami oleh Ratna Sarumpaet itu sudah dirasakannya selama setahun belakangan.

Otomatis, psikis Ratna Sarumpaet terganggu sebelum ia membuat hoaks soal dirinya yang mengaku dipukuli oleh orang yang tidak dikenal, yang ternyata luka di wajahnya adalah bekas operasi plastik.

Gangguan psikis yang diderita Ratna Sarumpaet itu dibeberkan oleh anaknya sendiri, yaitu aktris Atiqah Hasiholan ketika ditemui di Polda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Selasa (6/11/2018).

"Selama setahun ini ibu saya melakukan pengobatan ke psikiater ya, karena psikisnya terganggu," kata Atiqah Hasiholan seusai membesuk ibunya, Ratna Sarumpaet, di Rumah Tahanan Polda Metro Jaya.

Baca: Survei LSI: Partai Hanura dan PSI Bersama Empat Partai Lain Diprediksi Tak Lolos Ambang Batas

Akan tetapi, Atiqah Hasiholan tidak membocorkan bagaimana Ratna Sarumpaet psikisnya terganggu selama setahun ini. Ia hanya mengatakan bahwa kondisi ibunya menurun selama ini.

Baca: Data Lengkap Insiden Kecelakaan Lion Air dari Tahun ke Tahun

BERITA TERKAIT

"Karena selama ini (Ratna Sarumpaet) menerima tekanan ya, mungkin jauh lebih berasa. Ketika dipenjara, kondisinya lebih drop. Ibu juga harus sering minum obat dari psikiater," ungkapnya.

Sebulan setelah ibunya hidup di penjara, lanjut Atiqah Hasiholan, kondisi Ratna Sarumpaetsemakin lama semakin drop, karena susah mengonsumsi makanan yang ada di balik jeruji besi.

Istri aktor Rio Dewanto itu pun sering membesuk ibundanya di penjara, untuk memberikannya semangat dan makanan untuk dikonsumsi.

"Masalah ibu saya ini enggak bisa makan, jadi setiap hari ya saya mikirin mau makannya apa. Saya bawa makanan kadang termakan, kadang tidak termakan. Padahal makan itu kan sumber energinya beliau. Itu juga yang bikin dia semakin drop. Jadi memang konsen saya setiap hari bagaimana ibu saya bisa makan dulu deh supaya ada energinya," beber Atiqah Hasiholan.

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas