Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Empat Provinsi Ini Raih Penghargaan Indeks Demokrasi Terbaik di Indonesia

Empat provinsi ditetapkan sebagai pemilik Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) terbaik pada tahun 2017.

Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Samuel Febrianto
zoom-in Empat Provinsi Ini Raih Penghargaan Indeks Demokrasi Terbaik di Indonesia
TRIBUNNEWS.COM
Empat provinsi ditetapkan sebagai pemilik Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) terbaik pada tahun 2017. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rizal Bomantama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Empat provinsi ditetapkan sebagai pemilik Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) terbaik pada tahun 2017 melalui penghargaan yang diberikan Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (13/12/2018).

Keempat provinsi itu adalah DKI Jakarta di posisi teratas diikuti Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Provinsi Kalimantan Utara, dan Provinsi Bangka Belitung.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kecuk Suhariyanto mengatakan keempat daerah itu memiliki indeks di atas 80 yang berarti masuk dalam kategori baik.

“Pada tahun 2017 level indeks demokrasi Indonesia berada di angka 72,11 yang berarti sedang, namun ada empat daerah yang memiliki indeks di atas 80 yang berarti baik yaitu Jakarta, Yogyakarta, Kaimantan Utara, dan Kepulauan Bangka Belitung,” ucap pria yang akrab disapa Suhariyanto itu.

Sementara menurutnya tak ada wilayah di Indonesia yang memiliki indeks demokrasi di bawah angka 60 yang berarti masuk kategori buruk.

Dewan ahli IDI dari Universitas Paramadina, Abdul Malik Gismar menjelaskan bahwa ada beberapa indikator untuk menentukan IDI.

BERITA TERKAIT

“Antara lain yaitu kebebasan beragama dan kebebasan berpendapat,” jelasnya.

Menkopolhukam Wiranto yang juga memberi sambutan dalam acara tersebut mengapresiasi empat provinsi dengan IDI terbaik di Indonesia tersebut.

Menurutnya hal itu akan menjadi modal untuk menghadapi perhelatan pesta demokrasi 2019.

“Selamat kepada pemenang dan ini merupakan gambaran sikap berdemokrasi yang baik di Indonesia dan modal menghadapi Pilpres dan Pemilu 2019 sebagai kewajiban demokrasi kita,” tegas Wiranto.

Di akhir acara Wiranto menyerahkan piagam penghargaan dan buku IDI kepada empat gubernur daerah itu yaitu Gubernur Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie, dan Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan.

Baca: Ingin Jadi Lawyer, Cornelia Agatha Bagi Waktu antara Syuting Si Doel The Movie 2 dan Pendidikan

Baca: Sedih Lihat Roy Marten Nangis Bahas Perceraian Gading, Ayu Ting Ting Ingat Perjuangan Ayah Rojak

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas