Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jadi Mentor Debat, SBY Beri Masukan soal Gaya Komunikasi Prabowo

Menyambut debat pertama calon presiden-wakil presiden pada 17 Januari 2019 nanti, kedua tim kandidat melakukan berbagai persiapan.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Jadi Mentor Debat, SBY Beri Masukan soal Gaya Komunikasi Prabowo
Warta Kota/henry lopulalan
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudoyono bersama Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto berjabat tangan usai melakukan petemuan tertutup di Kediaman Susilo Bambang Yudhoyono di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Jumat (21/12/2018). Dalam pertemuan tersebut partai Demokrat dan partai Gerinda bersepakat untuk memenangkan pemilu presiden dan legislatif pada pemilu 2019. Warta Kota/henry lopulalan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menyambut debat pertama calon presiden-wakil presiden pada 17 Januari 2019 nanti, kedua tim kandidat melakukan berbagai persiapan.

Selain sama-sama membentuk tim khusus persiapan konten debat, Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno secara khusus mendapat pengarahan dari Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, yang juga Presiden RI keenam.

Arahan dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu tidak hanya terkait substansi debat dan penyampaian visi-misi, tetapi juga gaya komunikasi politik dan pembawaan diri Prabowo dan Sandiaga saat berorasi di depan publik.

Pertemuan antara SBY dengan tim direktorat debat Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga kabarnya diadakan di kediaman SBY, Jumat (4/1/2019).

Baca: Bambang Widjojanto dan Adnan Topan Husodo Dicoret dari Daftar Panelis Debat Pilpres

Namun belum ada penjelasan resmi apakah pertemuan itu berlangsung.

Inisiatif pertemuan itu datang dari SBY, yang disanggupi oleh Prabowo dan ditindaklanjuti oleh Ketua BPN Prabowo-Sandiaga, Djoko Santoso.

Dalam undangan khusus pertemuan tertutup tanggal 2 Januari 2019, Djoko mengundang anggota BPN untuk berdiskusi dan mendengarkan arahan SBY dalam rangka persiapan debat pada 17 Januari 2019, serta penjabaran visi-misi paslon di Komisi Pemilihan Umum pada 9 Januari 2019.

BERITA TERKAIT

Anggota BPN Prabowo-Sandiaga, Ahmad Riza Patria mengatakan, dari pengalaman SBY menjadi presiden untuk dua periode, ada banyak masukan penting yang diharapkan bisa mempersiapkan Prabowo dan Sandiaga menghadapi kontestasi.

“Pak SBY itu dua kali menang pemilihan presiden, pasti punya wejangan baik dan pemikiran positif yang bisa kami teruskan ke calon,” kata Riza, Jumat  (3/1/2019).

Debat pertama, 17 Januari ini, akan mengangkat topik seputar bidang penegakan hukum, hak asasi manusia, korupsi, dan terorisme.

Debat selama 90 menit itu akan diikuti kedua pasangan capres-cawapres dan disiarkan melalui media elektronik TV dan radio.

Baca: Debat Perdana Jokowi-Amin Vs Prabowo-Sandi Jadi Impresi bagi Pemilih Terutama Undecided Voters

Debat dan pendalaman materi akan dipandu dan dilakukan oleh moderator.

Kedua pasangan calon akan diberi kesempatan untuk menyampaikan visi-misi dan program, disusul pendalaman visi-misi oleh moderator, serta sesi saling bertanya antar kandidat dan debat antar kandidat.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Renanda Bachtar mengatakan, ide memberi arahan itu muncul dari SBY dan sudah disampaikan dalam pertemuan SBY dengan Prabowo, 21 Desember 2018 lalu.

Halaman
123
Sumber: KOMPAS
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas