Tribun

Eka Cipta Widjaja Meninggal

Jokowi Melayat Mendiang Eka Tjipta Widjaja Sebelum Berangkat ke Istana Bogor

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melayat mendiang pemilik Sinar Mas Group, Eka Tjipta Widjaja di rumah duka Sentosa RSPAD Gatot Subroto, Jakarta

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
Jokowi Melayat Mendiang Eka Tjipta Widjaja Sebelum Berangkat ke Istana Bogor
Tribunnews/MUHAMMAD FADHLULLAH
Presiden Joko Widodo sedang berpidato dalam acara peringatan Hari Lahir ke 73 Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) di Gelora Bung Karno, Jakarta (27/1/2019). Dalam pidatonya Presiden Joko Widodo mengajak kepada masyarakat agar saling menghormati satu sama lain yang berbeda agama, berbeda suku, berbeda adat, berbeda tradisi, dan berbeda bahasa daerah. TRIBUNNEWS/MUHAMMADFADHLULLAH 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melayat mendiang pemilik Sinar Mas Group, Eka Tjipta Widjaja di rumah duka Sentosa RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Senin (28/1/2019).

"Dari Istana Merdeka sebelum ke Istana Bogor, Presiden melayat mendiang Eka Tjipta Widjaja," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Kepresidenan Bey Machmudin, Jakarta, Senin (28/1/2019)

Kehadiran Jokowi di rumah duka Sentosa RSPAD berlangsung selama setengah jam dari pukul sekitar pukul 18.00 WIB dan keluar sekitar pukul 18.30 WIB.

Baca: Wagub Lampung Bachtiar Basri Bicara soal Lambatnya Pemecatan PNS Koruptor

Diketahui, Eka Tjipta menghembuskan nafas terakhir, Sabtu (26/1/2019) sekira pukul 19.43 WIB.

Managing Director Sinar Mas Gandi Sulistiyanto mengatakan, mendiang akan dikebumikan di pemakaman keluarga yang berada di Desa Marga Mulya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

"Jenazah akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Desa Marga Mulya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada hari Sabtu,2 Februari 2019," kata Gandi dalam keterangan resmi.

Eka Tjipta lahir di Fujian, Republik Rakyat Tiongkok pada 27 Februari 1921 silam.

Baca: Bingung Siapa Ayah Si Jabang Bayi, Janda Pelayan Kafe di Gianyar Ini Tinggalkan Bayinya di RS

Pada usia 9 tahun, ia dan sang ibu hijrah ke Makassar, Sulawesi Selatan untuk menyusul sang ayah.

Di usia 15 tahun, Eka sudah membantu perekonomian keluarga dengan menjual permen dan biskuit.

Bakat bisnisnya terus berkembang hingga akhirnya Eka menjadi pendiri kerajaan bisnis Sinar Mas yang membawahi ratusan perusahaan yang bergerak di bidang properti, pulp and paper, jasa keuangan, agribisnis dan makanan, telekomunikasi, energi dan infrastruktur.

Baca: Shezy Idris dan Krishna Adhyata Pratama Adu Mulut di Ruang Sidang Saat Jalani Sidang Cerai Lanjutan

Ayah dari 7 anak ini juga mempunyai yayasan bernama "Eka Tjipta Foundation" yang fokus di bidang pendidikan dan perwujudan ekonomi berkeadilan.

Hingga Desember 2018, Forbes mencatat total kekayaan Eka sebanyak USD 8,6 miliar atau Rp. 121,2 triliun (kurs Rp. 14.100).

Ia pun dinobatkan menjadi orang terkaya ketiga di Indonesia.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas