Tribun

Panglima TNI Bicara Soal Bencana Alam Hingga Pemilu Saat Ngopi Bersama 76 Atase Pertahanan

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengadakan coffee morning dengan 76 Atase Pertahanan dari 45 negara sahabat.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
Panglima TNI Bicara Soal Bencana Alam Hingga Pemilu Saat Ngopi Bersama 76 Atase Pertahanan
Kabidpeninter Puspen TNI Kolonel Laut (KH) H Agus Cahyono
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat coffee morning dengan 76 Atase Pertahanan dari 45 negara sahabat di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (26/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengadakan coffee morning dengan 76 Atase Pertahanan dari 45 negara sahabat di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (26/2/2018).

Dalam kesempatan tersebut, ia menjelaskan acara ngopi bareng tersebut merupakan satu bentuk media komunikasi yang efektif untuk mempererat serta memperkokoh hubungan antara TNI dan para Atase Pertahanan negara sahabat dalam menjalankan tugasnya.

Baca: Akui Jadi Penasihat Pepes, Fadli Zon Ngaku Tak Kenal 3 Wanita Relawan Pepes yang Kampanye Hitam

Ia mengatakan kerja sama internasional menjadi sangat penting dalam menghadapi perkembangan dunia yang semakin kompleks.

Hadi menyampaikan, ancaman yang dihadapi menuntut semua pihak untuk bekerja keras dan bekerja sama dalam menanganinya.

“Kerjasama yang telah terjalin dan telah terbangun selama ini baik secara bilateral maupun multilateral akan semakin meningkat, memberi manfaat dan dapat memperkuat hubungan persahabatan antar Angkatan Bersenjata serta antar negara," kata Hadi dalam rilis yang diterima Tribunnews.com dari Kabidpeninter Puspen TNI Kolonel Laut (KH) H Agus Cahyono.

Baca: Prabowo Geram Saat Pidato di Sumenep Kadernya Malah Pada Ribut Sendiri

Hadi juga sempat membahas terkait pengalaman Indonesia menghadapi bencana dan ajang internasional pada 2018 yang membuktikan pentingnya kerjasama internasional tersebut.

“Tahun lalu Indonesia mengalami bencana alam secara bertubi-tubi dan pada saat yang hampir bersamaan Indonesia juga menjadi tuan rumah dari berbagai even internasional," kata Hadi.

Dalam kesempatan tersebut, ia menyampaikan terimakasih atas perhatian dan bantuan dari para negara sahabat.

Baca: Komitmen Jokowi Cetak SDM Unggul, Tumbuhkan Keyakinan Indonesia Maju

“Indonesia sangat berterima kasih dan menghargai perhatian dan bantuan dari para negara-negara sahabat," ujar Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Hadi mengungkapkan masih banyak hal yang membutuhkan kerja sama dengan negara-negara sahabat seperti penanganan kejahatan lintas negara, ancaman siber, dan ancaman terorisme yang memerlukan kerja sama bilateral maupun multilateral.

Baca: Cetak Sejarah, 10 Pemain Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-22 Kalahkan Sang Juara Bertahan Thailand

Hadi juga menyampaikan bahwa Indonesia pada tahun 2019 ini akan menyelenggarakan pemilihan umum secara serentak dan TNI tetap berkomitmen dengan netralitasnya.

"TNI tetap memfokuskan diri guna menjamin terlaksananya pesta demokrasi tersebut dengan aman, lancar, damai serta sukses," kata Hadi.

Dean of Military Attache (Milat) Corps para negara sahabat di Indonesia Colonel Dominic Bulongol menyampaikan bahwa kegiatan coffee morning dapat membangun silaturahmi, meningkatkan hubungan antara personal, membangun jaringan, dan membangun kepercayaan antara Milat Corps dan para pejabat TNI.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas