Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Insiden Penembakan di Masjid Selandia Baru, Menlu RI: Ada 6 WNI Dalam Masjid

Ia mengatakan, berdasarkan informasi dari KBRI Wellington, 3 WNI berhasil melarikan diri sementara 3 WNI lain sedang dalam proses pencarian.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Insiden Penembakan di Masjid Selandia Baru, Menlu RI: Ada 6 WNI Dalam Masjid
montase (Sumber : Twitter, NZ Herald)
Sebuah aksi penembakan terjadi di Masjid An Noor, di Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3/2019). Sekelompok orang menyerbu masjid dengan senapan mesin dan menembaki jamaah yang sedang berada di Masjid menunaikan ibadah Salat Jumat. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi mengatakan, ada enam Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di dalam masjid Al Noor di Christchurch, Selandia Baru saat insiden penembakam terjadi. 3 WNI dipastikan selamat dan berhasil dikontak.

"Informasi awal mengatakan bahwa terdapat 6 warga negara indoensia yang berada di masjid tersebut," ujar Retno di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (15/3/2019).

Ia mengatakan, berdasarkan informasi dari KBRI Wellington, 3 WNI berhasil melarikan diri sementara 3 WNI lain sedang dalam proses pencarian.

"Tiga warga negara indonesia berhasi melarikan diri, sudah bisa melakukan kontak. Kita sedang mencari tiga warga negara Indonesia yang lainnya," kata dia.

"KBRI sudah menerjunkan tim protokol konsuler," sambung mantan Dubes RI untuk Belanda ini.

Lebih lanjut, Retno mengatakan, tim KBRI dan polisi setempat sedang melakukan penelusuran mengenai tragedi penembakan tersebut.

Baca: Menristekdikti: KIP Kuliah Itu Bukan Program Pencitraan, Kami Akan Ajukan Skema Ke Menteri Keuangan

"Jadi sekarang tim sudah berada di sana, mengenai siapa pelaku, berapa pelakunya, motifnya apa. Sampai sekarang belum diperoleh informasi dan mudah-mudahan kita berdoa, agar kita bisa mengontak tiga warga negara Indonesia yang lainnya," jelas dia.

BERITA TERKAIT

Berdasarkan data Kemlu RI, terdapat 331 WNI di Christchurch, termasuk 134 mahasiswa.

Diketahui telah terjadi insiden penembakan yang terjadi di dua masjid, Masjid Al Noor dan Linwood di Christchurch, Selandia Baru, pada hari Jumat, 15 Maret 2019, pukul 13:40 waktu setempat.

Dilansir dari media setempat, seorang saksi mata melihat seorang pria menenteng senjata lalu memasuki masjid saat jemaah sedang menjalankan ibadah shalat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas