Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Rencana Pemindahan Ibu Kota

Kunjungi Lokasi Calon Ibu Kota Negara di Kalimantan Tengah, Jokowi: Biar Dapat Feelingnya

Jokowi kembali menyambangi lokasi calon ibu kota negara yang bertempat di antara Kota Palangkaraya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Gunung Mas

Kunjungi Lokasi Calon Ibu Kota Negara di Kalimantan Tengah, Jokowi: Biar Dapat Feelingnya
Tribunnews.com/ Seno Tri Sulistiyono
Presiden Jokowi meninjau lokasi alternatif ibu kota negara di kawasan Bukit Soeharto, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Selasa (7/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, PALANGKARAYA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyambangi lokasi calon ibu kota negara di Provinsi Kalimantan Tengah, Rabu (8/5/2019).

Lokasi yang ditinjau kali ini disebut dengan "kawasan segitiga emas" yang bertempat di antara Kota Palangkaraya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah.

"Kalau dari sisi keluasan, di sini mungkin paling siap. Mau minta 300 ribu hektare ya siap di sini. Kalau kurang masih tambah lagi juga siap," ujar Jokowi di lokasi peninjauan yang berada di kawasan Gunung Mas.

Wilayah di antara tiga kota dan kabupaten tersebut sebelumnya disiapkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sebagai calon ibu kota baru.

Baca: Prabowo Berharap Petugas KPPS yang Meninggal Dunia Divisum

Sebagaimana diketahui, presiden pertama Republik Indonesia pernah memiliki visi untuk menjadikan salah satu wilayah di provinsi ini, tepatnya Kota Palangkaraya, sebagai ibu kota negara.

"Beliau dulu memilih kemungkinan kan juga pasti ada alasan-alasan khusus dan alasan besar. Itu yang juga dilihat. Enggak mungkin sebuah keputusan disampaikan tanpa sebuah argumentasi data dan fakta lapangan yang matang," kata Kepala Negara.

Berbeda dengan calon ibu kota yang sehari sebelumnya dikunjungi Presiden di mana memiliki keunggulan dari sisi kesiapan infrastruktur transportasi, "kawasan segitiga" ini memiliki keunggulan dari sisi kebencanaan dan juga ketersediaan lahan yang amat luas.

Baca: Bachtiar Nasir Jadi Tersangka, Prabowo: Kami Anggap Ini Upaya Kriminalisasi Terhadap Ulama

"Sekali lagi, ini menyangkut aspek yang tidak hanya satu-dua. Urusan banjir mungkin di sini tidak. Urusan gempa di sini tidak. Tapi kesiapan infrastruktur harus dimulai dari nol lagi," tuturnya.

Jokowi menambahkan bahwa kunjungannya ke sejumlah calon ibu kota ini dilakukannya untuk mengetahui gambaran awal mengenai kelayakan wilayah-wilayah itu.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
  Loading comments...

Berita Terkait :#Rencana Pemindahan Ibu Kota

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas