Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemenag Gelar Sidang Isbat Sore Ini Penetapan 1 Syawal 1440 H, Berikut Daftar Lokasi Rukyatul Hilal

Kementrian Agama (Kemenag) dijadwalkan menggelar sidang isbat untuk penetapan 1 Syawal 1440H pada Senin (3/6/2019) petang.

Penulis: Muhammad Nursina Rasyidin
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
zoom-in Kemenag Gelar Sidang Isbat Sore Ini Penetapan 1 Syawal 1440 H, Berikut Daftar Lokasi Rukyatul Hilal
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Anggota tim Rukyatul Hilal memantau hilal penetapan jadwal puasa 2018 di Masjid Al Musari'in, Basmol, Jakarta, Selasa (15/5/2018). Kementerian Agama menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan 1 Ramadan 1439 H di 95 titik pemantauan yang tersebar di 32 provinsi guna menetukan rukyatul hilal dan data hisab posisi hilal untuk dimusyawarahkan dalam sidang isbat. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Kemenag Sore Ini Gelar Sidang Isbat, Penetapan 1 Syawal 1440 H, Berikut Daftar Lokasi Rukyatul Hilal

TRIBUNNEWS.COM - Kementrian Agama (Kemenag) dijadwalkan menggelar sidang isbat untuk penetapan 1 Syawal 1440H pada Senin (3/6/2019) petang.

Rapat sidang isbat akan dipimpin oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin di Auditorium HM. Rasjidi, Kementrian Agama RI, Hl. MH. Thamrin No.6, Jakarta.




Hal tersebut disampaikan oleh Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin di Jakarta, Rabu (29/5/2019), dilansir dari situs resmi kemenang.go.id.

Amin menambahkan, rapat sidang isbat nanti turut dihadiri oleh Duta Besar Negara Shabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbagangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Baca: 1 Syawal Muhammadiyah Jatuh 5 Juni, Kemenag Gelar Sidang Isbat Hari Ini, Ini Lokasi Rukyatul Hilal

Anggota tim Rukyatul Hilal memantau hilal penetapan jadwal puasa 2018 di Masjid Al Musari'in, Basmol, Jakarta, Selasa (15/5/2018). Kementerian Agama menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan 1 Ramadan 1439 H di 95 titik pemantauan yang tersebar di 32 provinsi guna menetukan rukyatul hilal dan data hisab posisi hilal untuk dimusyawarahkan dalam sidang isbat. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Anggota tim Rukyatul Hilal memantau hilal penetapan jadwal puasa 2018 di Masjid Al Musari'in, Basmol, Jakarta, Selasa (15/5/2018). Kementerian Agama menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan 1 Ramadan 1439 H di 95 titik pemantauan yang tersebar di 32 provinsi guna menetukan rukyatul hilal dan data hisab posisi hilal untuk dimusyawarahkan dalam sidang isbat. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Serta, Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Untuk rangkaian sidang isbat nanti diawali dengan pemaparan secara terbuka mengenai posisi hilal berdasarkan data hisab oleh pakar astronomi.

BERITA TERKAIT

"Rukyatul hilal akan dilaksanakan pada Senin sore," ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Agus Salim.

Stelah Magrib, rapat sidang isbat akan digelar dan dimpin langsung oleh Menteri Agama, Lukman Hakim.

Penetapan 1 Syawal 1440 H berdasarkan keputusan Kemenag yang telah menerima hasil dai Direktur Urais dan Binsyar yang melakukan pemantauan hilal (Rukyatul Hilal) pada 105 titik lokasi di seluruh Indonesia.

Baca: LIVE Streaming Sidang Isbat Lebaran Sore Ini, Lengkap dengan Link TV & Daftar Lokasi Rukyatul Hilal

Dikutip dari laman resmi kemenag.go.id, berikut ini daftar lokasi Rukyatul Hilal Hari Raya Idul Fitri 2019 atau 1 Syawal 1440H:

1. Aceh : Observatorium Tgk. Chiek Kuta Karang; Lhokseumawe Bukit Poly Komplek Perta Aron; Aceh Jaya Gunung Cring Cran; Pantai Suak Geudeubang Kab. Aceh Barat; Aceh Selatan Pantai Lhok Keutapang, Simeulue; Pantai Desa Nancala, Teupah Barat; Tugu "KM. 0" Indonesia, Kota Sabang; dan Pantai Ujong Manggeng Kec. Manggeng, ABDYA

2. Sumatera Utara: Lantai IX Kantor Gubernur Sumut; dan Observatorium OIF UMSU

3. Sumatera Barat: Gedung Kebudayaan lantai 4 Dinas Kebudayaan

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas