Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Setya Novanto Dipindah ke Lapas Gunung Sindur, Kakanwil Kemenkum HAM: Disini Super Ketat

Terpidana kasus korupsi KTP elektronik, Setya Novanto dipindah ke Lapas Gunung Sindur akibat beredarnya foto dia bersama istrinya plesiran.

Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Setya Novanto Dipindah ke Lapas Gunung Sindur, Kakanwil Kemenkum HAM: Disini Super Ketat
Istimewa
Satu foto orang diduga Setya Novanto berkeliaran di Padalarang, Bandung Barat, padahal mantan Ketua DPR tersebut seharusnya berobat di rumah sakit Sentosa. (Istimewa) 

Terpidana kasus korupsi KTP elektronik, Setya Novanto dipindah ke Lapas Gunung Sindur akibat beredarnya foto dia bersama istrinya plesiran.

TRIBUNNEWS.COM - Kakanwil Kemenkum HAM Jabar Liberty Sitinjak menjelaskan Lapas Sukamiskin memiliki perbedaan sangat besar dengan Lapas Gunung Sindur, yang selama ini dihuni warga binaan kasus terorisme, narkoba, dan korupsi kelas kakap.

"Kondisinya sangat berbeda, Lapas Gunung Sindur maximum security," ujar Liberty di Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Bandung Jumat (16/6) malam.

Terpidana korupsi KTP elektronik Setya Novanto alias Setnov dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur‎ malam ini, Jumat (14/6), menyusul beredarnya foto dia bersama istrinya berada di toko bangunan di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Baca: Ini Dia Foto-foto yang Sebabkan Setya Novanto Dikirim ke Lapas Teroris

Baca: BREAKING NEWS: Buntut Video Keluyuran di Luar, Tahanan Setya Novanto Dipindah ke Lapas Gunung Sindur

Baik di Lapas Sukamiskin maupun Gunung Sindur, sama-sama menerapkan satu kamar satu tahanan.‎

Kata Sitinjak, di Lapas Sukamiskin, setiap pagi, kamar sel dibuka. Setiap warga binaan bisa keluar masuk sel namun tetap berada di lingkungan Lapas Sukamiskin.

Menjelang malam, pintu dibuka dan semua warga binaan harus kembali masuk kamar.

BERITA TERKAIT

"‎Di Lapas Gunung Sindur belum tentu tiap pagi dibuka, harus lihat dulu kondisinya bagaimana tahanannya. Di Lapas Gunung Sindur super ketat. Kalau di Lapas Sukamiskin kan tiap pagi dibuka, warga binaan bisa bersosialisasi," ujarnya.

Baca: Beredar Foto Diduga Plesiran ke Bandung Barat, Setya Novanto Diperiksa Kalapas Sukamiskin Malam Ini

Baca: KPK Mulai Telisik Pengetahuan Setya Novanto Dalam Perkara Korupsi PLTU Riau-1

Sitinjak mengatakan Setnov meminta izin keluar lapas pada 12 Juni karena dokter Lapas Sukamiskin merekomendasikan untuk rawat inap. Itupun dikawal petugas lapas dan polisi. Setnov baru kembali ke Lapas Sukamiskin malam ini pukul 19.00.

"Tanggal 12 Juni saya sempat cek ke RS Santosa. Dia memang ada, kondisinya diinfus di lengan kanan. Dia baru kembali hari ini, lalu saya dapat laporan dia ke Padalarang. Setibanya di Lapas Sukamiskin langsung kami periksa, BAP. Kemudian langsung kami pindah ke Lapas Gunung Sindur," ujar Sitinjak.

Ditanya soal kebenaran Setnov bersama istrinya plesiran ke toko bangunan, ia belum bisa memastikan. "Belum bisa dipastikan, sekarang tunggu pemeriksaan," ujar Sitinjak.

Pantauan Tribun, Setnov keluar dari sel sekitar pukul 22.30. Tidak banyak barang bawaan yang ia bawa, tampak seorang petugas hanya membawa satu tas jinjing dan langsung masuk ke mobil ambulans Lapas Sukamiskin.

(TribunJabar.id/Mega Nugraha)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Di Lapas Gunung Sindur, Setya Novanto Belum Tentu Bisa Keluar Kamar Setiap Pagi

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas