Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Pilpres 2019

Prabowo Ajukan Kasasi ke MA, KPU: Silakan Kalau Merasa Belum Tuntas

Perkara tersebut telah diregister oleh MA dengan Nomor 2P/PAP/2019 tertanggal 3 Juli 2019.

Prabowo Ajukan Kasasi ke MA, KPU: Silakan Kalau Merasa Belum Tuntas
Tribunnews/JEPRIMA
Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Hasyim Asyari memberikan contoh amplop suara sah saat sidang lanjutan sengketa hadil pilpres 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat, Kamis (20/6/2019). KPU membawa amplop baru untuk dibandingkan dengan amplop yang ditemukan saksi Prabowo Sandi dalam sidang sengketa pilpres kemarin (19/6) yang dibawa oleh Beti Kristina. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tak mau ambil pusing soal langkah hukum lanjutan kubu Prabowo-Sandi yang mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) terkait kecurangan dan pelanggaran terstruktur, sistematis dan masif (TSM) di Pilpres 2019.

Perkara tersebut telah diregister oleh MA dengan Nomor 2P/PAP/2019 tertanggal 3 Juli 2019.

Padahal, dalam sengketa hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi yang juga diajukan oleh Prabowo-Sandi, MK memutuskan menolak gugatan TSM mereka.

Namun Komisioner KPU RI Hasyim Asy'ari mempersilakan kepada pihak yang masih belum puas terhadap putusan hukum sebelumnya untuk kembali mengajukan gugatannya lewat jalur yang tersedia.

"Ya ada pihak yang merasa belum selesai mau dituntaskan kan silakan saja, semua jalur dipakai ya. Bahwa kemudian jalurnya bener atau tidak nanti peradilan yang akan menyatakan itu," kata Hasyim di Gedung MK, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2019).

Baca: Prabowo Ajukan Kasasi ke MA, TKN: Bukti Tak Ikhlas dan Menambah Masalah Bangsa

KPU sebagai lembaga yang punya kewenangan penuh menyelenggarakan Pemilu tak bisa menghindar dari apapun bentuk gugatan yang menyasar mereka.

Dalam hal gugatan para peserta Pemilu, KPU hanya bersikap pasif.

Mereka hanya aktif ketika harus dimintai jawaban terkait gugatan yang diajukan.

"Iintinya KPU ketika digugat kan nggak boleh mengelak, harus menjawab. Ya kalau KPU digugat di MA ya KPU juga akan menanggapi, karena kan KPU sifatnya pasif," jelas dia.

Meski gugatan yang diajukan Prabowo-Sandi ke MA mirip dengan dalil permohonan di MK, Hasyim menjelaskan KPU tetap menyiapkan jawaban terhadap gugatan tersebut.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Hasanudin Aco
  Loading comments...

Berita Terkait :#Pilpres 2019

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas