Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pemilu 2019

Ketua Fraksi Gerindra Sebut Nama Muzani Calon Pimpinan MPR

Ia mengatakan bahwa ketua MPR dijabat oleh kader dari partai oposisi untuk menjaga keseimbangan.

Ketua Fraksi Gerindra Sebut Nama Muzani Calon Pimpinan MPR
Taufik Ismail/Tribunnews.com
Ketua fraksi Gerindra di MPR RI Fary Djemi Francis Di Kompleks, Parlemen, Senayan, Jakarta Senin, (22/7/2019) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Fraksi Gerindra di MPR RI, Fary Djemy Francis mengatakan bahwa sangat memungkinkan kadernya duduk sebagai Ketua MPR RI, yang nantinya akan dipilih melalui sistem paket.

Pasalnya sudah dua kali Ketua MPR dijabat oleh kader dari partai oposisi, yakni era kepemimpinan Taufik Kiemas (PDIP), dan Zulkifli Hasan (PAN).

"Kalau ditanya apakah Gerindra inginkan pimpinan ya pengalaman untuk menjadi ketua MPR juga dipimpin oleh oposisi untuk menjaga keseimbangan itu memungkinkan bagi kita," kata Fary di Kompleks Parlemen, senayan, Jakarta, Senin, (22/7/2019).

Baca: Bea Cukai Nunukan Bongkar Penyelundupan Gading Gajah

Ia mengatakan bahwa ketua MPR dijabat oleh kader dari partai oposisi untuk menjaga keseimbangan. Apalagi menurutnya salah satu tugas MPR adalah menjaga keutuhan bangsa.

"Kita menganggap bahwa tugas MPR itu sangat strategis dengan kondisi masyarakat yang terbelah. Tugasnya untuk menyatukan itu adalah di MPR bukan DPR. DPR pasti ramai terus soal program-program yang menyangkut ekonomi, hankam dan politik hukum," katanya.

Sekjen Gerindra Dan Wakil Ketua BPN, Ahmad Muzani di kediaman Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dijadwalkan, Jumat, (24/5/2019).
Sekjen Gerindra Dan Wakil Ketua BPN, Ahmad Muzani di kediaman Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dijadwalkan, Jumat, (24/5/2019). (Tribunnews.com/ Taufik Ismail)

Menurut dia Sekretaris Jenderal Gerindra , Ahmad Muzani merupakan orang yang paling memungkinkan untuk dicalonkan sebagai pimpinan MPR RI. Muzani dinilai bisa menyatukan program yang diusung Prabowo Subianto dengan Program Pemerintahan Jokowi.

Baca: Tanpa Seleksi, Sofyan Basir Muluskan Kotjo Dapatkan Proyek PLTU Riau-1

"Selain itu pak Muzani, yang selama ini bisa diterima oleh semua fraksi," katanya.

Meskipun demikian menurut Fary keputusan mengenai siapa yang akan dicalonkan Gerindra menjadi pimpinan MPR berada di tangan Prabowo Subianto. Sebagai Ketua Umum dan Ketua Dewan Pembina Partai, Prabowo memiliki hak preogatif.

"Itu hak prerogatif ketua umum. itu tadi pak Muzani kan pembicaraan internal. tapi tentu nanti yang akan memutuskan adalah pak ketua umum," pungkasnya.

Sebelumnya, Partai Gerindra mengincar kursi Ketua MPR RI. Wakil Ketua MPR dari Fraksi Gerindra Sodik Mudjahid mengatakan bahwa komposisi terbaik pimpinan lembaga negara nanti yakni Ketua DPR dari PDI Perjuangan dan ketua MPR dari dari Gerindra.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...

Berita Terkait :#Pemilu 2019

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas