Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AP II Keberatan dengan Permintaan Penghentian Sementara Layanan di Bandara Sultan Iskandar Muda

General Manager Angkasa Pura II Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda engaku sudah menerima surat imbauan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Besar.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Adi Suhendi
zoom-in AP II Keberatan dengan Permintaan Penghentian Sementara Layanan di Bandara Sultan Iskandar Muda
SERAMBI INDONESIA DAILY/BUDI FATRIA
Ilustrasi Bandara Sultan Iskandar Muda: Satu unit lagi pesawat militer Amerika Serikat mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, Minggu (26/3). Kedatangan pesawat US Air Force itu untuk mengangkut penumpang dari pesawat militer AS yang dua hari sebelumnya mendarat darurat di Bandara SIM. SERAMBI/BUDI FATRIA 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - General Manager Angkasa Pura II Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Yos Suwagiyono mengaku sudah menerima surat imbauan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Besar.

Surat bersifat penting itu tentang penghentian penerbangan sementara mulai 00.00-12.00 WIB saat Hari Raya Idul Adha (Fitri) 1440 Hijriyah, 11 Agustus 2019.

Surat tersebut ditandatangani Bupati Aceh Besar Mawardi Ali.

“Kami masih koordinasi dengan airlines, otoritas bandara, dan air navigation. Hemat saya, tidak perlu lah pemberhentian sampai 12 jam, salat ied juga tidak sampai selama itu,” kata Yos saat dihubungi Tribun, Jumat (26/7/2019).

Baca: Bingung dengan Manajemen, Bek Juventus Isyaratkan Hengkang?

Baca: Video dan Foto Detik-detik Gunung Tangkuban Parahu Erupsi

Baca: BREAKING NEWS - Gunung Tangkuban Parahu Alami Erupsi, Kepulan Abu Terlihat 200 Meter Di Atas Puncak

Baca: Pra-Registrasi Call of Duty Mobile Telah Dibuka! Ini Cara Daftarnya

Yos mendukung rencana penghentian kegiatan take off dan landing saat pelaksanaan salat, tetapi tak selama yang diminta Pemerintah Aceh Besar.

Kalaupun harus atau diwajibkan, menurutnya, waktu paling ideal hanya 2-3 jam.

BERITA REKOMENDASI

“Kami sangat ingin bekerjasama agar terlaksana Syariat Islam di wilayah Kabupaten Aceh Besar. Namun lebih elok kalau dikaji kembali,” ucapnya.

Informasi penerbangan yang disampaikan bahwa ada dua kedatangan dan dua keberangkatan di Bandara Sultan Iskandar Muda, 11 Agustus 2019.

Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali mengeluarkan imbauan tentang penghentian penerbangan saat Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha dari dan ke Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar.
Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali mengeluarkan imbauan tentang penghentian penerbangan saat Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha dari dan ke Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar. (Istimewa)

Maskapai Citilink dari Halim dan Air Asia dari Kuala Lumpur tiba di Aceh pukul 08.00 WIB , sedangkan Lion Air terjadwal berangkat dari Bandara SIM pukul 06.00 WIB dan Garuda Indonesia pukul 07.00 WIB.

“Kalaupun tidak diterbangkan on schedule solusinya kami akan mundurkan bukan dibatalkan. Kami ingin Lion dan Garuda tetap berangkat, Air Asia dan Citilink delay,” ucap Yos.

Bupati Aceh Besar Mawardi Ali menegaskan dalam surat edarannya bahwa seluruh komunitas bandara dan kru pesawat untuk melaksanakan salat Idul Adha atau Idul Fitri di bandara atau di tempat masing-masing.

Mawardi meminta segala pihak mendukung terciptanya lingkungan yang islami di Aceh Besar.

“Kami menghimbau maskapai penerbangan agar menaati segal peraturan dan undang-undang syariat Islam di wilayah Aceh secara umum dan Aceh Besar secara khusus,” ujar Mawardi.

Hingga berita ini turun, pihak maskapai tidak merespons konfirmasi Tribun terkait aturan Pemerintah Aceh Besar ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas