Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Yakin Kasus yang Membelit Syafruddin Pidana Korupsi, KPK Lihat Unsur Subyektif Penerbitan SKL

“Ada aspek kesengajaan dengan melihat mens rea atau sikap batin pelaku ketika melakukan tindak pidana dalam penerbitan SKL itu," katanya

Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in Yakin Kasus yang Membelit Syafruddin Pidana Korupsi, KPK Lihat Unsur Subyektif Penerbitan SKL
Tribunnews.com/ Gita Irawan
Kepala Biro Humas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah usai Seminar dengan tema Vonis Bebas Syafruddin Siapa Salah? KPK atau MA? pada Rabu, (31/7/2019) di Hotel JS Luwansa, Jalan HR Rasuna Said Kuningan Jakarta Selatan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rizal Bomantama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK masih pada pendiriannya bahwa mantan Kepala BPPN (Badan Penyehatan Perbankan Nasional) Syafruddin Temenggung telah melakukan tindak pidana korupsi dengan menerbitkan Surat Keterangan Lunas (SKL) dalam kasus BLBI.

Hal itu berbeda dengan putusan Mahkamah Agung (MA) yang menyatakan kasus Syafruddin adalah ranah perdata atau administrasi negara yang membuat mengabulkan kasasi Syafruddin.

Baca: Periksa Rizal Ramli Dalam Kasus BLBI, Empat Hal Ini yang Didalami KPK

Gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan Kuningan Persada Jakarta Selatan, Senin (22/2/2016). Seluruh kegiatan KPK akan pindah ke gedung baru pada akhir tahun ini. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan Kuningan Persada Jakarta Selatan, Senin (22/2/2016). Seluruh kegiatan KPK akan pindah ke gedung baru pada akhir tahun ini. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Hal itu disampaikan Kepala Biro Hubungan Masyarakat KPK, Febri Diansyah dalam diskusi “Vonis Bebas Syafruddin Siapa Salah? KPK atau MA?” pada Rabu, (31/7/2019) di Hotel JS Luwansa, Jalan HR Rasuna Said Kuningan Jakarta Selatan.

“Ada aspek kesengajaan dengan melihat mens rea atau sikap batin pelaku ketika melakukan tindak pidana dalam penerbitan SKL itu sehingga bisa disebut tindak pidana,” ungkap Febri dalam paparannya.

Oleh karena keyakinannya itu, KPK akan terus berupaya menelusuri kasus tersebut demi mengembalikan kerugian negara.

Yaitu dengan melanjutkan penyidikan Sjamsul Nursalim (SJN) dan Ijtih Nursalim (IJN).

Baca: KPK Periksa Rizal Ramli Sebagai Saksi Korupsi BLBI

BERITA TERKAIT

“KPK yakin putusan MA tak boleh menghentikan upaya mengembalikan Rp 4,58 triliun kembali ke negara. Penyidikan SJN dan IJN akan dilanjutkan karena dalam diskusi ini jelas kasus tersebut bukan perdata apalagi administrasi negara,” pungkasnya.

Sebelum putusan yang membebaskan Syafruddin dari berbagai tuntutan hukum tersebut, majelis hakim MA sempat mengalami perbedaan pendapat dalam memutus perkara.

KPK tak surut

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan putusan Mahkamah Agung (MA) yang mengabulkan kasasi Syafruddin Arsyad Temenggung tidak akan menyurutkan pihaknya mengembalikan kerugian negara Rp 4,58 triliun.

Syafrudin Arsyad Temenggung sebelumnya bebas dari jerat hukum setelah MA mengabulkan kasasinya terkait kasus korupsi penerbitan Surat Keterangan Lunas (SKL) BLBI yang merugikan keuangan negara Rp 4,58 triliun.

"KPK meyakini putusan kasasi Mahkamah Agung kemarin tidak boleh menghilangkan harapan kita untuk mengembalikan Rp 4,58 triliun itu kembali ke negara, karena itu hak negara dan hak kita semua untuk mendapatkannya," kata juru bicara KPK Febri Diansyah dalam Seminar bertema Vonis Bebas Syafruddin Siapa Salah? KPK atau MA?, Rabu (31/7/2019) di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan.

Baca: Ketua DPR: Indonesia-Amerika Serikat Perlu Terus Promosikan Nilai-Nilai Demokrasi-Pluralisme

Baca: Profil Lengkap Dimas Anggara, Simak Perjalanan Karier dan Kisah Asmara dengan Nadine Chandrawinata

Baca: KPK: Empat Tersangka Baru Megakorupsi e-KTP Berasal dari Birokrat dan Swasta

Untuk itu, menurut Febri KPK akan terus melanjutkan penyidikan perkara tersebut terhadap dua orang yang kini sudah menyandang status tersangka dalam kasus yang sama yakni Sjamsul Nursalim (SJN) dan Itjih Nursalim (ITN).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas