Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kasus Impor Bawang

KPK Tahan Politikus PDIP I Nyoman Dhamantra Terkait Kasus Impor Bawang Putih

"Kepada enam orang tersangka, penahanan dilakukan selama 20 hari ke depan," kata Febri kepada wartawan pada Jumat (9/8/2019).

KPK Tahan Politikus PDIP I Nyoman Dhamantra Terkait Kasus Impor Bawang Putih
Tribunnews/Irwan Rismawan
Petugas menunjukkan barang bukti terkait operasi tangkap tangan (OTT) di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis (8/8/2019) malam. KPK menetapkan 6 orang sebagai tersangka yang salah satunya anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, I Nyoman Dhamantra terkait kasus dugaan suap impor bawang putih dengan barang bukti uang 50 ribu USD dan bukti transfer. Tribunnews/Irwan Rismawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Biro Humas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengatakan pihaknya telah resmi menahan enam orang tersangka kasus dugaan suap izin dan kuota impor bawang putih, termasuk Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI-P I Nyoman Dhamantra.

"Kepada enam orang tersangka, penahanan dilakukan selama 20 hari ke depan," kata Febri kepada wartawan pada Jumat (9/8/2019).

Saat ini Nyoman ditahan di Polres Jakarta Timur sedangkan orang kepercayaannya, yakni Mirawati Basri ditahan di Rutan Klas I Cabang KPK.

Pihak swasta yang juga jadi tersangka penerima suap yakni Elviyanto juga ditahan di Rutan Klas I Cabang KPK.

Baca: Profil I Nyoman Dhamantra, Anggota DPR dari PDIP yang Ditangkap KPK

Baca: I Nyoman Dhamantra, Anggota DPR dari PDIP yang Ditangkap KPK Dikenal Santun dan Cerdas

Untuk tersangka pemberi yakni Chandry juha ditahan di Rutan Klas I Cabang KPK, Doddy Wahyudi ditahan di Rutan Cabang KPK di Pomdam Jaya Guntur, dan Zulfikar juga ditahan di Rutan Cabang KPK di Pomdam Jaya Guntur.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Anggota Komisi VI DPR RI dari Faksi PDIP, I Nyoman Dhamantra, dan lima orang lainnya sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait pengurusan izin import bawang putih tahun 2019.

Sebelumnya, Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan KPK meningkatkan status penanganan perkara ke penyidikan dengan enam orang sebagai tersangka.

Agus mengatakan, dalam kasus tersebut KPK menduga sebagai pemberi pihak swasta Chandry Suanda alias Afung, Doddy Wahyudi, dan Zulfikar.

"KPK menduga sebagai penerima Anggota DPR 2014-2019 INY (I Nyoman Dhamantra), orang kepercayaan INY yakni MBS, (Mirawati Basri), dan pihak swasta yakni ELV (Elviyanto)," kata Agus saat konferensi pers di Gedung KPK Merah Putih Jakarta Pusat pada Kamis (8/8/2019).

Sebagai pemberi pihak swasta yakni Chandry Suanda alias Afung, Doddy Wahyudi, dan Zulfikar disangkakan melanggar pasal 5 ayat (1) huruf a atau pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Gita Irawan
Editor: Hasanudin Aco
  Loading comments...

Berita Terkait :#Kasus Impor Bawang

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas