Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sistem Pertanian Online Terpadu Milik Kementan Fasilitasi Produsen Benih Hingga Eksportir

Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Tanaman Pangan membangun sistem informasi online terpadu yang diberi nama Sarita.

Penulis: Lendy Ramadhan
Editor: Sanusi
zoom-in Sistem Pertanian Online Terpadu Milik Kementan Fasilitasi Produsen Benih Hingga Eksportir
Lendy Ramadhan
Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Suwandi berikan keterangan mengenai situs yang fasilitasi produsen benih, petani, eksportir dan importir tanaman pangan di kantornya, Jalan AUP, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (12/8/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Tanaman Pangan membangun sistem informasi online terpadu yang diberi nama Sarita.

Hal tersebut dinyatakan Direktur Jenderal (Dirjen) Tanaman Pangan, Suwandi saat jumpa pers di kantornya, Jalan AUP, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (12/8/2019).

Dalam sistem tersebut terdapat beragam data mengenai pertanian, diantaranya data produsen benih, data petani, data eksportir, data, dan data importir.

Baca: Dorong Kemajuan Sektor Kelautan dan Perikanan, Kini Hadir Asuransi Budidaya Udang dan Ternak Lele

Suwandi menjelaskan, sistem tersebut merupakan respon pemerintah untuk mempermudah para pelaku usaha pertanian meningkatkan produktivitasnya.

"Benih unggul akan meningkatkan produktivitas dan akan meningkatkan daya saing. Kita bangun sinergi, kita menjembatani pertemuan produsen-produsen benih dengan para petani secara online. Selain itu juga eksportir dan importir tanaman pangan serta produk pangan segar, melalui situs http://aplikasi2.pertanian.go.id/sarita/," kata Suwandi.

Suwandi mengaku, selama ini para produsen benih dan para petani kerap kesulitan untuk berkoordinasi dalam menghasilkan produk-produk pangan kwalitas baik dalam jumlah yang relatif banyak.

Diharapkan melalui situs tersebut, produk-produk hasil tanaman pangan Indonesia semakin baik dalam jumlah dan kualitas.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas