Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Taruna Akmil Enzo Zenz Allie Akan Dipertahankan TNI AD, KSAD Mengaku Bakal Pasang Badan

Taruna akademi militer Enzo Zenz Allie, yang dituding terpapar radikalisme, akan dipertahankan TNI Angkatan Darat.

Editor: Sanusi
zoom-in Taruna Akmil Enzo Zenz Allie Akan Dipertahankan TNI AD, KSAD Mengaku Bakal Pasang Badan
Gita Irawan/Tribunnews.com
Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa saat konferensi pers di Mabes TNI Angkatan Darat Jakarta Pusat pada Selasa (13/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Muhammad Rizki Hidayat

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Taruna akademi militer Enzo Zenz Allie, yang dituding terpapar radikalisme, akan dipertahankan TNI Angkatan Darat.

Hal itu disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, pada konferensi pers di Markas Besar Angkatan Darat, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).

Momen ketika Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berbincang dengan Enzo Zenz Allie. Video ini viral di media sosial.
Momen ketika Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berbincang dengan Enzo Zenz Allie. Video ini viral di media sosial. (cetaklayar Kompas TV)

"Kami, Angkatan Darat memutuskan untuk mempertahankan Enzo Zenz Allie dan semua taruna akademi militer yang kami terima beberapa waktu lalu, sejumlah 364 orang," tegas Andika.

Keputusan tersebut dilakukan pihak TNI Angkatan Darat (AD) karena berdasarkan metode ilmiah yang telah menjadi tolak ukur penilaian pihak TNI (AD) kepada calon perwira AD, selama delapan tahun.

"Sebetulnya dalam proses rekrutmen, itu kami memiliki beberapa alat ukur yang sudah kami terapkan selama delapan tahun. Mulai dari akademik, kesehatan, jasmani, kondisi psikologi, dan mental ideologi," jelas Andika.

Dari hasil alat ukur tersebut, lanjutnya, TNI AD tidak menemukan adanya keraguan terhadap seluruh Akademi Militer, termasuk Enzo Zenz Allie.

BERITA TERKAIT

"Dari hasil alat ukur yang kami lakukan, kami tidak menemukan adanya keraguan terhadap seluruh akademi militer (364) orang, yang kami terima beberapa waktu lalu," tutur Andika.

Andika menegaskan, pihaknya telah melakukan penilaian secara objektif kepada Enzo Zenz Allie.

"Karena kemudian ada info tambahan tentang salah satu taruna kami, Enzo Zenz Allie, maka kamipun berusaha untuk objektif," ujar Andika.

Mengacu pada indeks metode ilmiah TNI AD, kata Andika, Enzo Zenz Allie ini memiliki nilai moderasi bernegara yang cukup bagus.

Baca: Enzo Allie Raih Skor Tinggi Usai Jalani Tes Ulang, Mabes TNI Pilih Pertahankan Jadi Catar Akmil

Baca: Soal Enzo, Moeldoko Bilang Pasti Ketahuan Jika Ada Penyimpangan

Baca: Jubir BIN Sarankan TNI untuk Verifikasi Latar Belakang Enzo Allie Secara Lebih Detail dan Obyektif

"Dilihat dari indeks moderasi bernegara, itu ternyata kalau dikonversi menjadi presentase, itu memiliki nilai 84 persen. Atau nilainya di situ adalah 5,9 dari maksimum 7. Jadi indeks moderasi beragamannya Enzo Zenz Allie cukup bagus," imbuh Andika.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa saat konferensi pers di Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta Pusat pada Selasa (13/8/2019).
Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa saat konferensi pers di Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta Pusat pada Selasa (13/8/2019). (Gita Irawan/Tribunnews.com)

Diketahui sebelumnya, Enzo Zenz Allie ini merupakan calon perwira dari Akademi Militer di Magelang.

Enzo Zenz Allie kini sedang mengikuti pendidikan dasar militer integratif di Magelang, Jawa Tengah dan belum menjadi anggota aktif TNI AD.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas