Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Saat 12 Prajurit TNI Pukul Mundur KKB Papua Pimpinan Egianus Kogoya

Meski dalam posisi terjepit, 12 prajurit TNI berhasil memukul mundur KKB Papua hingga melarikan diri masuk ke hutan.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Saat 12 Prajurit TNI Pukul Mundur KKB Papua Pimpinan Egianus Kogoya
Kompas.com/Istimewa
Egianus Kogoya, panglima KKB Nduga yang usianya ternyata masih belasan tahun 

TRIBUNNEWS.COM, PAPUA - Kronologi 12 prajurit TNI berhasil memukul mundur kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua pimpinan Egianus Kogoya terjadi di Jalan Trans-Papua, Wamena-Habema, Kabupaten Jayawijaya

Dilansir dari Kompas.com dalam artikel 'Kelompok Egianus Kogoya Diduga Dalang Penembakan TNI di Jayawijaya', baku tembak antara TNI dan KKB Papua pada Jumat (16/8/2019) pukul 15.30 WIT itu hanya berlangsung 20 menit

Meski dalam posisi terjepit, 12 prajurit TNI berhasil memukul mundur KKB Papua hingga melarikan diri masuk ke hutan.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring telah memerintahkan seluruh personel pos-pos Satgas Pamrahwan meningkatkan kesiapsiagaan dan mengawasi jalan-jalan maupun medan-medan yang kemungkinan dijadikan sebagai jalan pelarian KKB tersebut.

"Situasi di sana sudah kondusif. Namun, kita tetap mewaspadai kemungkinan KSB yang memanfaatkan momentum peringatan HUT RI untuk melakukan aksi teror, baik terhadap aparat keamanan maupun masyarakat," kata Pangdam.

Baca: 2 Prajurit TNI Tertembak di Papua, Kronologi Peristiwa, Dugaan Mengarah ke Kelompok Egianus Kogoya

Baca: Fakta-fakta Egianus Kogoya, Pimpinan KKB Nduga nan Misterius, Ternyata Masih Umur Belasan Tahun

Pangdam menegaskan, masyarakat tidak perlu takut dengan kejadian ini.

“Kami telah berkoordinasi baik dengan polda maupun pemda setempat untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat," kata jenderal bintang dua ini.

BERITA REKOMENDASI

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cendrawasih Letkol CPL Eko Daryanto mengatakan, kronologi baku tembak itu berawal saat kelompok Egianus menghadang dua kendaraan TNI yang sedang konvoi mengangkut logistik Satgas Pamrahwan.

“Jadi, pukul 15.30 WIT, dua unit kendaraan jenis Hilux yang baru selesai mengantar perbekalan bagi personel Pos Pamrahwan TNI yang berada di Mbua, mendapat tembakan sporadis dari kelompok separatis bersenjata, yang diduga pimpinan Egianus Kogoya di sekitar Km 39 Jalan Trans Wamena-Habema,” kata Eko, Jumat (16/8/2019) malam.

Menurut laporan yang diterima, lanjut Eko, tembakan berasal dari dua arah yaitu ketinggian dan lembah yang berada di kanan dan kiri jalan.

“Dalam posisi terjepit, sejumlah 12 personel TNI yang bertugas mengawal konvoi segera turun meninggalkan kendaraan dan bereaksi dengan membalas tembakan. Kontak tembak berlangsung selama kurang lebih 20 menit. Tembakan balasan dari para personel TNI membuat kelompok tersebut melarikan diri,” kata dia.

Setelah medan berhasil dikuasai, kata Eko, 2 prajurit TNI dilaporkan menderita luka tembak yaitu Pratu Pànji tertembak pada bagian lengan kiri dan Pratu Sirwandi tertembak pada paha kiri.

“Saat ini, keduanya telah dievakuasi dan mendapat perawatan medis di RSUD Wamena. Kedua prajurit berasal dari Satuan Yonif 751/VJS,” ujar dia.

Catatan Kriminal Egianus Kogoya

Halaman
1234
Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas