Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Respons Putri Zulkifli Hasan Sikapi Soal Bantuan Bagi Pencari Suaka di Jakarta

Anggota DPRD DKI Fraksi PAN, Zita Anjani buka suara soal para pencari suaka yang menempati sejumlah lokasi di Ibu Kota.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Respons Putri Zulkifli Hasan Sikapi Soal Bantuan Bagi Pencari Suaka di Jakarta
Tribunnews.com/ Danang Triatmojo
Anggota DPRD DKI Fraksi PAN, Zita Anjani, di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (2/9/2019). 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota DPRD DKI Fraksi PAN, Zita Anjani buka suara soal para pencari suaka yang menempati sejumlah lokasi di Ibu Kota.

Zita memahami demi rasa kemanusiaan sebagaimana yang terkandung dalam dasar negara, Pancasila, sudah menjadi barang wajib untuk melindungi sesama manusia, terlepas dari mana asal negara mereka.

"Jadi kita harus juga melindungi kemanusiaan baik di dalam negeri, sesama bangsa Indonesia maupun di luar negeri. Jadi menurut saya wajib dilindungi semuanya, di dalam negeri dan suaka itu," ungkap Zita di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (2/9/2019).

Baca: Majikan Pemilik Anjing yang Tewaskan ART di Cipayung Dilaporkan ke Polisi

Namun yang menjadi soal ialah dari mana biaya atau anggaran untuk membantu mereka.

Menurut Zita pemerintah dirasa perlu melihat urgensi pemberian bantuan bagi para pencari suaka.

Hal keliru jika pemerintah mementingkan bantuan bagi para pencari suaka, tapi di sisi lain malah mengacuhkan kesenjangan yang dialami rakyatnya sendiri.

Para pencari suaka tidur dan istirahat di trotoar depan eks Gedung Kodim, Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (23/8/2019). Pascakeributan yang terjadi saat pembagian wafer pada Kamis (22/8/2019), sepanjang Kamis malam hingga Jumat pagi warga Sudan itu terpaksa tidur dan istirahat di pinggir jalan depan eks Gedung Kodim, lokasi penampungan seribuan para pencari suaka dari sejumlah negara. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Para pencari suaka tidur dan istirahat di trotoar depan eks Gedung Kodim, Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (23/8/2019). Pascakeributan yang terjadi saat pembagian wafer pada Kamis (22/8/2019), sepanjang Kamis malam hingga Jumat pagi warga Sudan itu terpaksa tidur dan istirahat di pinggir jalan depan eks Gedung Kodim, lokasi penampungan seribuan para pencari suaka dari sejumlah negara. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)
BERITA TERKAIT

"Kalau misalkan kita menolong yang suaka tapi mengesampingkan kebutuhan kita sendiri itu juga salah menurut saya," ucap dia.

Baca: Zul Zivilia di Penjara, Ini Kegiatan Istrinya untuk Bertahan Hidup

Putri Ketua MPR RI Zulkifli Hasan ini beranggapan banyak masyarakat di Ibu Kota yang benar-benar hidup dengan serba kekurangan.

Mereka tinggal di tempat kumuh dan mengalami kesulitan ekonomi.

"Kalau kita kasih ke mereka (pencari suaka) tempat enak tapi ke warga negara (sendiri) nggak enak, ya aneh juga menurut saya," jelas Zita.

Kata dia, sudah tepat bila Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyerahkan segala kewenangan mengurusi para pencari suaka ke pemerintah pusat dan United Nations High Commissioner for Refugeest (UNHCR).

"Sudah pas ke pemerintah pusat," pungkas dia.

Baca: Ahok BTP Didorong Jadi Menteri PAN-RB Dalam Kabinet Jokowi-Maruf

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyetop segala bantuan kepada ribuan pencari suaka yang menempati lahan bekas Kodim Kalideres, Jakarta Barat.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas