Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Romo Magnis sebut Habibie sebagai Sosok yang Membuka Demokrasi Indonesia

Franz Magnis Suseno mengatakan sosok almarhum Bacharuddin Jusuf Habibie sebagai Presiden yang membuka jalan demokrasi

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Romo Magnis sebut Habibie sebagai Sosok yang Membuka Demokrasi Indonesia
Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo bertakziah ke rumah duka Presiden ke-3 Republik Indonesia, B.J. Habibie di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, pada Kamis pagi, 12 September 2019. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Franz Magnis Suseno mengatakan sosok almarhum Bacharuddin Jusuf Habibie sebagai Presiden yang membuka jalan demokrasi di Indonesia.

Ia pun merasa beruntung karena bisa diajak BJ Habibie membangun hubungan pribadi.

Hal itu diungkapkannya usai melayat ke rumah duka, di Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

"Pak Habibie itu yang menempatkan Indonesia  dalam situasi yang gawat dan terancam dan berbahaya ke jalur yang tepat, membuka Indonesia bagi demokrasi," katanya.

"Bagi saya, Habibie adalah salah satu orag paling penting paling mengesankan, paling mengesankan yang pernah saya temukan dalam hidup saya, saya bersyukur bahwa bisa diajak beliau bangun hubungan pribadi," sambungnya.

Selain itu, pria yang akrab disapa Romo Magnis ini juga mengagumi kiprah politik BJ Habibie yang secara gentle mau mundur dari kursi RI-1 menyusul sikap MPR yang menolak laporan pertanggungjawabannya.

Baca: Wapres JK : Habibie Seorang Ilmuwan Sekaligus Negarawan

BERITA REKOMENDASI

"Ia memberi contoh bagus bagaimana seseorang menangani kekuasaan, supaya sekarang bertemu dengan istri terkasih Bu Ainun dan berada dalam kedamaian dan kegembiraan Tuhan," pungkasnya.

Seperti diketahui, Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9) sekira pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. 

BJ Habibie dirawat di RSPAD sejak 1 September 2019 lalu. 

Untuk menangani kesehatan BJ Habibie, sebanyak 44 dokter Kepresidenan ‎telah disiapkan. Mereka terdiri dari 34 tim panel ahli dan 10 dokter pribadi presiden.

Ada 44 dokter yang tergabung dalam tim dokter kepresidenan yang menangani kesehatannya. Mereka adalah para dokter spesialis dari berbagai bidang, dari ahli jantung hingga otak.

Kondisi Habibie memang dikabarkan menurun dalam beberapa tahun terakhir. Dokter masih memantau perkembangan kondisi Habibie.

Sebelumnya, Habibie juga menjalani perawatan pada 2018. Kondisi kesehatannya menurun karena kelelahan setelah melakukan kegiatan di berbagai kota di Indonesia.

Di tahun yang sama, ia juga sempat dirawat di Jerman karena mengalami kebocoran klep jantung.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas