Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PDIP Buka Peluang Untuk Putra Sulung Jokowi Maju Dalam Pilkada Kota Solo

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan proses pendaftaran Calon Wali Kota Solo masih sangat panjang.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Adi Suhendi
zoom-in PDIP Buka Peluang Untuk Putra Sulung Jokowi Maju Dalam Pilkada Kota Solo
TribunSolo.com/Adi Surya
Anak Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka mengurus pembuatan kartu tanda anggota (KTA) di Kandang Banteng kantor DPC PDI Perjuangan (PDIP) Solo, Senin (23/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan proses pendaftaran Calon Wali Kota Solo masih sangat panjang.

Pernyataan Basarah tersebut seiring dengan langkah anak presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka bergabung dengan PDIP.

Bergabungnya Gibran Rakabuming dengan PDIP disinyalir sebagai langkah untuk maju dalam pemilihan Wali Kota Solo pada 2020.

Menurut Basarah calon kepala daerah yang akan diusung PDIP, harus melalui pendaftaran bakal calon.

"Dalam pendaftaran bakal calon itu pintu yang dibuka untuk bakal calon itu selain pintu DPC (Dewan Pimpinan Cabang) setempat yang akan melaksanakan Pilkada, juga pintu pendaftaran bakal calon bisa melalui DPD (Dewan Pimpinan Daerah) partai setempat dan juga DPP (Dewan Pimpinan Pusat)," kata Basarah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/9/2019).

Baca: Asisten Pemprov Jambi: Gubernur Pergi ke Amerika Bukan untuk Lari dari Tanggung Jawab atasi Karhutla

Baca: Presiden Jokowi Tidak Punya Rencana Terbitkan Perppu Untuk Batalkan Revisi UU KPK

Baca: Tulisan Cerita Traveling Kamu Bisa Diterbitkan di TribunTravel.com, Begini Caranya

Setelah pendaftaran, nantinya menurut Basarah, DPP PDIP akan menggelar rapat pleno untuk menentukan siapa yang akan diusung dalam Pilkada.

BERITA TERKAIT

Seluruh bakal calon akan diseleksi tanpa terkecuali dengan mempertimbangkan berbagai aspek, termasuk tingkat keterpilihan.

"Jadi seluruh bakal calon yang mendaftar akan diseleksi dalam proses fit and proper test dan kajian-kajian lainnya sampai pada akhirnya nanti DPP lah yang akan memutuskan siapa calon kepala daerah yang akan diusung," katanya.

Proses Pilwalkot saat ini menurut Basarah masih dalam tahap penyisihan.

PDIP membuka sebesar-besarnya kepada siapapun untuk mensosialisasikan diri maju dalam Pilwalkot Solo, termasuk kepada Gibran.

Dalam menentukan pasangan calon yang akan diusung, PDIP selalu berpijak pada target kemenangan.

"Jadi siapapun berdasarkan pertimbangan dan kajian serta survei yang dilakukan partai, figur itu harus memiliki elektabilitas yang tinggi dan pontensial dan cakap memimpin daerah kemungkinan itu yang akan mendapatkan rekomendasi dari PDIP," katanya.

Sebelumnya, Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka akhirnya resmi masuk ke dunia politik, Senin (23/9/2019).

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas