Tribun

Catat, Rekrutmen CPNS 2019 Bakal Diumumkan Pekan Keempat Oktober 2019

BKN menyatakan, rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 bakal diumumkan pada pekan keempat Oktober ini

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Sanusi
Catat, Rekrutmen CPNS 2019 Bakal Diumumkan Pekan Keempat Oktober 2019
Kompas.com/Lasti Kurnia
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan, rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 bakal diumumkan pada pekan keempat Oktober ini.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan, menyatakan proses pendaftaran rencananya dimulai pada November dan kemudian dilanjutkan seleksi administrasi pada Desember.

"Rekrutmen CPNS tahun 2019 diperkirakan akan diumumkan pada minggu keempat Oktober, pendaftaran dimulai pada November, proses Seleksi Administrasi pada Desember, dan seterusnya," jelas Ridwan dalam siaran pers yang diterima Tribun, Minggu (6/10/2019).

Ridwan merinci, total formasi yang akan dibuka sebanyak 197.111, yakni kementerian/lembaga sebanyak 37.854 formasi dan untuk daerah sebanyak 159.257 formasi.

"Namun demikian angka tersebut masih dalam tahap finalisasi," ujar dia.

Ia melanjutkan, ada sejumlah alasan angka pasti jumlah formasi masih dipertimbangkan sampai saat ini.

Ribuan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) angkatan 2019 menyimak arahan dan motivasi yang disampaikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Youth Center Sport Arcamanik, Kota Bandung, Selasa (25/6/2019). Dalam arahannya, Ridwan Kamil titip kepada CPNS angkatan 2019 untuk menjaga tiga hal penting, yaitu integritas, melayani sepenuh hati, dan profesional. Khusus poin melayani menitikberatkan pada niat pengabdian CPNS itu untuk melayani sepenuh hati, bukan minta dilayani, marah-marah dan minta-minta kepada warga yang harus dilayani. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)
Ribuan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) angkatan 2019 menyimak arahan dan motivasi yang disampaikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Youth Center Sport Arcamanik, Kota Bandung, Selasa (25/6/2019). Dalam arahannya, Ridwan Kamil titip kepada CPNS angkatan 2019 untuk menjaga tiga hal penting, yaitu integritas, melayani sepenuh hati, dan profesional. Khusus poin melayani menitikberatkan pada niat pengabdian CPNS itu untuk melayani sepenuh hati, bukan minta dilayani, marah-marah dan minta-minta kepada warga yang harus dilayani. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

Pertama, formasi kementerian dan/atau lembaga harus sesuai dengan skema kabinet yang baru pasca pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober mendatang.

Kedua, terdapat beberapa proses dalam rekrutmen CPNS dengan jangka waktu tertentu yang telah ditetapkan dan tidak mungkin dipersingkat.

"Proses ini antara lain meliputi masa pengumuman selama 15 hari kalender, penyampaian persyaratan pelamaran secara daring selama 10 hari kalender dan sebagainya sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS," kata dia.

Ketiga, anggaran rekrutmen dan gaji CPNS 2019 pada sebagian Kementerian, Lembaga, dan Daerah (K/L/D) kemungkinan telah dialihkan untuk kegiatan lain yang lebih prioritas serta harus selesai dipertanggungjawabkan pada pertengahan Desember.

  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas